Analisi Perkembangan Ekonomi Di Aceh dan Indonesia

iklan1
Analisis Perkembangan Ekonomi di Aceh
Nilai ekspor Aceh dari sektor pertanian rendah karena yang diekspor bukan merupakan bahan jadi, tetapi masih berupa bahan mentah (bahan baku).
Seharusnya bahan mentah yang diperoleh di Aceh bisa diolah terlebih dahulu dan di ekspor ke luar negeri sehingga Aceh ini mempunyai suatu karya atau produk yg bisa digunakan di luar sana. Padahal apabila di Aceh ini, jasa dan industrinya dikembangkan lagi bisa menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya dan bisa mengurangi pengangguran. Banyak dana di Aceh seperti Dana Alokasi khusus, otonomi khusus, Dana perimbangan  habis digunakan untuk gaji pegawai lebih banyak, dari pada terfokuskan kepada lapangan kerja.
perkembangan ekonomi Aceh yang terjadi saat ini belum mengalami kemajuan, sebenarnya masih belum sebanding dengan berbagai potensi yang ada pada masyarakat. Lahan perkebunan dan pertanian kita juga belum diolah secara optimal, demikian juga dengan sektor- sector lainnya. Sumber Daya Manusia (SDM) di Aceh masih kurang control dari pemerintah. Jangankan mengekspor barang hasil sendiri, kebutuhan untuk masyarakat setempat saja tidak mencukupi. Tidak ada kestabilan dalam hal ekonomi, distribusi yang di hasilkan tidak terbagi secara merata.

Permintaan manusia yang semakin meningkat tidak sesuai dengan harapan. Harga yang tinggi, relative menyebabkan berkurangnya permintaan, tetapi ada kala dimana seperti daging sapi pada hari lebaran, harganya tinggi karena sebagai kebutuhan maka semakin banyak permintaan. Daging sapi yang harganya meloncak tinggi menyebabkan pemerintah harus memasok daging sapi impor. Padahal apabila pemerintah menambah peternakan sapi di dalam negeri otomatis harga daging sapi tidak melonjak tinggi karena permintaannya yang meningkat. Harga yang rendah akan menimbulkan bertambahnya permintaan. Seharusnya pemerintah harus lebih memerhatikan kondisi perekonomian di Aceh agar perekonomi di Aceh mengalami banyak kemajuan.

0 Response to "Analisi Perkembangan Ekonomi Di Aceh dan Indonesia"

Post a Comment