Cara Masuk Islam Ke Indonesia

iklan1

A. CARA MASUK ISLAM DI INDONESIA
Islam masuk ke Indonesia berjalan dengan damai tanpa paksaan.tetapi kadang-kadang harus di lakukan dengan penaklukan. Hal ini hanya di lakukan apabila kondisi politik di kerajaan-kerajaan dalam kekacauan akibat dari perebutan kekuasaan.
Pada umumnya agama islam masuk ke Indonesia dengan cara-cara sebagai berikut.

1. Perdagangan
Pada abad 7 M sampai abad ke 16 M pedagang-pedagang muslim dari timur tengah dan India berminat berdagang ke Indonesia. Mereka membentuk sebuah pemukiman yang disebut pekojan. Mereka juga berinteraksi dengan penduduk pribumi, sekaligus menyebarkan agama islam.

2. Perkawinan
Para pedagang yang menetap di Indonesia melakukan pernikahan dengan penduduk-penduduk asli. Ketika akan melakukan pernikahan. Para wanita pribumi harus masuk islam terlebih dahulu.

3. Pendidikan
Pendidikan dilaksanakan di pesantren-pesantren yang diajari oleh para kyai. para kyai yang mengajar di pesantren biasanya menjadi penasihat para raja dan bangsawan. Kesempatan itu memberi kesempatan bagi para kyai untuk menyebarkan agama islam.

4. Tasawuf
Tasawuf mengandung arti ajaran untuk mendekatkan diri kepada Allah. ketika itu ajaran tasawuf banyak ditemukan dalam hikayat masyarakat setempat.

5. Kesenian
Peninggalan hasil penyebaran agama islam melalui dunia seni banyak kita jumpai. Contoh masjid kuno di Demak

Bukti-Bukti Masuknya Islam Di Indonesia
            Di Sumatra,munculnya kerajaan islam pertama di Indonesia yaitu, Samudra Pasai dan juga  batu nisan Sultan Malik as-Saleh.
Di Jawa, batu nisan Fatimah binti Maimun yang meninggal pada tahun 1082 M.
Di Kalimantan, hikayat banjar kepunyaan kerajaan banjar.
 
B. PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Faktor-faktor yang menyebabkan agama islam tumbuh dengan cepat di Indonesia.
1.      Syarat untuk masuk islam sangat mudah,yaitu dengan mengucap dua kalimat syahadat.
2.      Agama islam tidak membedakan golongan di masyarakat,seluruh manusia mempunyai kedudukan sederajat sebagai hamba ALLAH swt.
3.      Penyebaran agama islam dilakukan dengan dakwah bukan dengan kekerasan
4.      Keramah-tamahan rakyat Indonesia membuka jalan bagi para ulama untuk menyebarkan agama islam. 
Adapun perkembangan agama Islam di pulau Jawa
Pada saat kerajaan Majapahit mengalami kemunduran,penyebaran agama islam semakin leluasa dan berpusat di kota-kota pelabuhan seperti Tuban dan Gresik. Daerah-daerah pelabuhan yang sangat potensial untuk memasarkan hasil bumi. Potensi ini dimanfaatkan oleh kerajaan Demak untuk tujuan politik dan ekonomi

C. WALISONGO

1. Maulana Malik Ibrahim
Maulana Malik Ibrahim mempunyai nama panggilan Maulana Magribi. Maulana Malik Ibrahim adalah ulama yang cerdas dalam menerapkan metode dakwah. Beliau mempunyai banyak pengikut dan mendapat simpati dari masyarakat sehingga mereka berbondong-bondong masuk Islam. Maulana Malik Ibrahim wafat pada 8 April 1419 M.

2. Sunan Ampel
Nama asli sunan ampel adalah Raden Rahmat, beliau dilahirkan di Campa, Aceh pada tahun 1401 M. Penyebaran agama islam yang dilakukan sunan Ampel adalah mendirikan pondok pesantren di daerah Ampel. Dalam dakwahnya beliau tidak menyetujui dengan adat istiadat kebiasaan masyarakat, misalnya kenduri, sesaji, dan selamatan.

3. Sunan bonang
Sunan Bonang mempunyai nama lain yaitu Raden Makdum Ibrahim, beliau dilahirkan di Surabaya pada tahun 1465. metode dakwahnya dilakukan melalui pendekatan kemasyarakatan,yaitu menyesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

4. Sunan giri
Nama asli Sunan Giri adalah Raden Paku. Sunan Giri membangun pesantren sebagai pusat dakwahnya yaitu di giri dan sekitarnya. Sunan Giri terkenal demokratis dalam pendidikan, beliau mendidik anak-anak dengan cara berbagai jenis permainan yang bercorak agama contohnya cublak-cublak suweng, ilir-ilir dan jor gula.

5. Sunan Drajat
Nama asli Sunan Drajat adalah Raden Qasim, beliau dilahirkan pada tahun 1407 M di Ampel. Metode dakwahnya dilakukan melalui pendekatan cultural. Dalam pengembangan agama islam, Sunan Drajat banyak meluangkan waktunya untuk memperhatikan masalah sosial kemasyarakatan,beliau selalu menekankan pentingnya memberi pertolongan kepada sesama serta menyantuni fakir miskin.

6. Sunan Kalijaga
Nama aslinya adalah raden mas syahid. metode dakwahnya dilakukan secara pendekatan cultural.sebagai media dakwah beliau menggunakan gamelan dan wayang.beliau sangat berperan dalam pengembangan wayang kulit.
7.Sunan kudus
Nama kecil sunan kudus adalah raden amir haji,beliau terkenal dengan kecerdasannya yang mampu menguasai ilmu pengetahuan.di bidang ilmu pengetahuan beliau terkenal dengan sebutan”waliyatul ilm”.sunan kudus menetap di kudus sampai meninggalnya.

8. Sunan Muria
Nama asli sunan muria adalah raden umar said.dalam hal berdakwah sunan muria lebih suka ke pelosok-pelosok jauh dari keramaian kota.beliau juga suka menyendiri atau hidup bersama rakyat kecil

9.Sunan Gunung Jati
Nama kecil sunan gunung jati adalah abdul kadir,terkenal juga dengan nama falatehan.beliau dilahirkan pada tahun 1448 M,semasa kecil beliau belajar pada ayahnya.pada tahun 1521 pasai tempat sunan gunung jati dibesarkan dikuasai oleh portugis. akhirnya beliau pergi ke mekkah untuk memperdalam ilmu agama islam.sekitar tiga tahun di mekkah. Beliau kembali ke pasai namun pada waaktu itu masih dikuasai portugis.sehingga beliau melanjutkan perjalanan ke jawa hingga sampai ke demak.

D. MULA-MULA YANG MEMBAWA ISLAM KE INDONESIA
Penyebaran agama islma dilakukan dengan cara perdagangan oleh para pedagang karena perdagangan adalah salah satu jalan yang cukup efektif untuk berdaakwah.selain para pedagang penyebaran agama islam juga dilakukan dengan mendatangkan da’i.

1 Response to "Cara Masuk Islam Ke Indonesia"