iklan1
Fungsi dan proses kerja komputer
Komputer
merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Periferal adalah
perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem. Secara garis besar,
komputer terdiri dari empat komponen penunjang utama yaitu : perangkat
masukan (input devices), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan
(storage devices) & perangkat keluaran (output devices).
· Perangkat Masukan (Input
Devices)
Perangkat masukan merupakan perangkat yang memberikan
sinyal masukan kepada sistem komputer. Sinyal input adalah segala sinyal
yang akan diolah oleh sistem komputer. Contoh : mouse, keyboard, joystick,
scanner, microphone, dan lain-lain.
· Perangkat Pemrosesan (Process
Devices)
CPU
Perangkat pemrosesan
merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan
data. Peralatan pemrosesan terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic
Logic Unit (ALU) dan Memory
Control Unit
CU bertugas untuk
menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan
ke seluruh bagian komputer. Bagian ini merupakan kerja processor yang
mengendalikan seluruh kerja komputer
Arithmatic Logic Unit
Berfungsi untuk
memproses data melalui perhitungan penambahan & pengurangan, perbandingan
serta logika
Memory
Memory adalah
penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke
komputer. Besarnya kapsitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, KByte, Mbyte,
Gbyte. Memori internal : ROM & RAM.
ROM (read only memory)
Merupakan memori yang
bersifat permanen, yang dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. ROM
berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer : BIOS & booting
RAM
Merupakan memori yang
bersifat sementara, jika komputer mati maka data atau program yang telah
tersimpan akan hilang.
· Perangkat Penyimpanan
(Storage Devices)
Peralatan penyimpanan
adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, informasi instruksi,
maupun program. Contoh peralatan penyimpanan : harrdisk, flashdisk, disket
· Perangkat Keluaran (Output
Devices)
Peralatan keluaran
merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja
komputer
Monitor
Monitor berfungsi
untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar
maupun data
Printer
Merupakan alat untuk
mencetak informasi dalam bentuk tulisan maupun gambar di kertas
Speaker
Perangkat keluaran
untuk mengeluarkan suara (bunyi)
Bagi rekan-rekan yang
membutuhkan bahan ajar berbasis PowerPoint, silahkan klik link di bawah
ini. Jangan lupa untuk dikembangkan lagi agar bahan ajar ini semakin
lengkap dan menarik. semoga bermanfaat.
Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan
TIK
Fungsi
Komputer dan Peralatan Komputer TIK
·
Kemampuan peralatan teknologi informasi yang dapat digunakan
pada berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya disebut
KONVERGENSI.
·
Dalam teknologi yang konvergensi ini, jaringan internet, HP,
telepon, komputer PDA dapat daling dihubungkan untuk mengakses suatu
informasi. Handphone dapat kita gunakan sebagai modem yang dihubungkan
dengan komputer, teknologi HP dengan GPRS (General Packet Radio Service)
yang dilengkapi dengan bluetooth dan sinar infra red (IR) dapat
dihubungkan pada komputer atau laptop sehingga memudahkan kita untuk
mencari informasi, berkomunikasi melalui internet dimana saja.
·
Komputer sebagai peralatan TIK memiliki beberapa fungsi sebagai
berikut :
·
Sebagai media informasi
·
Sebagai media komunikasi
·
Sebagai media transaksi
·
Sebagai media hiburan
Proses Kerja Komputer & Peralatan TIK
·
Komputer bekerja dengan aturan-aturan tertentu yang membutuhkan
program sebagai perangkat lunak dan brainware sebagai pengendali
(operatornya).
·
Proses kerja komputer mengalami suatu siklus yaitu input –
proses – output.
·
Input yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner yaitu
bilangan 1 dan 0 yang kemudian dikeluarkan menjadi suatu informasi.
·
Proses kerja komputer sebagai media komunikasi didukung oleh
peralatan tambahan (peripheral) yaitu modem. Modem (Modulator-Demodulator)
adalah suatu alat yang menerima sinyal analog dan mengubahnya menjadi
sinyal sigital atau mengubah sinyal digital menjadi analog. Modem
dipasang pada komputer, kemudian untuk mengakses internet, kita harus
mendaftarkan pada ISP.
·
Ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan satu
sama lain, yaitu :
·
Hardware, peralatan
komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Secara umum
fungsi dari hardware dibagi menjadi 3 kategori komponen yaitu input,
output, dan storage, ketiganya selalu berhubungan dengan
microprocessor.
·
Software / perangkat lunak, adalah
program yang berisi instruksi / perintah untuk melakukan pengolahan data.
Software merupakan satu set instruksi komputer yang digunakan untuk
memanipulasi data.
·
Brainware, adalah
manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Berdasarkan
tugasnya, brainware dibagi empat tingkatan pengguna, yaitu :
·
Data Entry, adalah
pengguna komputer yang bertugas untuk memasukkan data yang
pekerjaannya berulang-ulang. Contohnya Kasir pada kassa pasar
swalayan.
·
Operator, adalah
penguna komputer yang bertugas untuk memasukkan data dan
mengolahnya hingga menjadi informasi. Contohnya operator bagian
akuntansi.
·
Programmer, adalah
pengguna komputer yang bertugas membuat perangkat lunak atau
software aplikadi dengan bahasa pemrograman tertentu. Misalnya programmer
software sistem akuntansi dan sistem administrasi sekolah.
·
Analis Sistem, yaitu
pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan dapat
bertindak sebagai konsultan pada rekayasa perangkat lunak, contohnya
konsultan web.
Data dan Informasi
·
Data adalah fakta atau kumpulan kejadian yang diangkat dari
suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka, huruf, simbol, atau yang
direkam ke dalam berbagai bentuk media.
·
Data diolah menggunakan Pengolahan Data
Elektronik (PDE)/Electronic Data Processing (EDP).
·
Pengolah data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke
dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti yaitu berupa suatu
informasi.
·
Informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang
memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.
·
Informasi dapat ditayangkan atau disampaikan ke suatu tujuan
yang jauh menggunakan peralatan-peralatan seperti:
·
Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi
informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
·
Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk
menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain
seperti DVD Player. Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan
informasi berformat video. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat
presentasi atau media pembelajaran di kelas.
·
OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan
informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi. Tidak seperti
proyektor LCD, OHP hanya dapat menayangkan gambar diam. Alat ini muncul
lebih dulu sebelum proyektor LCD ditemukan.
·
Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun
pemancar berupa gelombang elektro-magnet yang membawa informasi suara.
Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara, bahkan merambat melalui
ruang angkasa yang hampa udara.
·
Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan
suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya,
informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi
membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi
dalam bentuk suara dan visual.
·
Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan
global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
Hubungan antar komputer ini menggunakan apa yang disebut protokol Internet
(Internet Protocol). Internet menghubungkan komputer di seluruh dunia yang
jumlahnya dapat mencapai ratusan juta buah.
·
GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi
menentukan letak,arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
Umumnya, GPS ditempatkan di mobil atau kendaraan lainnya. Dengan GPS,
pengendara mobil dapat mengetahui posisinya setiap saat.
·
Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui
jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan
dokumen asli. Secara sederhana, cara kerja faximile mirip dengan mesin
fotokopi atau scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang jarak
jauh. Tentu saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin
faximile agar dapat mengirim informasi dengan cara ini.
·
Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan
di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi. Ada bermacam-macam fungsi
satelit, misalnya untuk memancarkan sinyal dari stasiun televisi.
Gelombang yang dipancarkan stasiun televisi dipancarkan ke ruang angkasa
terlebih dahulu dan diterima oleh satelit, kemudian baru diteruskan ke wilayah
yang sulit dijangkau oleh antena pemancar di permukaan bumi.Selain untuk
siaran televisi, satelit juga digunakan untuk keperluan militer dan
navigasi.
·
Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara
melalui sinyal listrik. Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini
menggunakan kabel sebagai media penghantar.
·
Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak
untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang
elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler
dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang mudah dibawa. Di Indonesia,
ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM (Global System
for Mobile Telecommunications) dan jaringan CDMA (Code Division Multiple
Access). Dewasa ini, telepon seluler tidak hanya berguna sebagai alat
komunikasi suara saja. Banyak fitur lain yang dimiliki telepon seluler, di
antaranya SMS (Short Message Services), MMS (Multimedia
Messaging Services), WAP (Wireless Application Protocol), GPRS (General
Packet Radio Services), video call, radio FM, dan televisi.
·
Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal
digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan
sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
·
Syarat-syarat tentang informasi yang baik dan lengkap adlh sbg
berikut :
·
Ketersediaan (Availability)
·
Mudah dipahami (Comprehensip)
·
Relevan
·
Bermanfaat
·
Tepat waktu
·
Keandalan (Reliability)
·
Akurat
·
Konsisten
·
Cara pengolahan data untuk menjadi suatu informasi dapat terdiri
dari berbagai macam cara yaitu:
·
Manual dengan sempoa
·
Mekanis dengan mesin register
·
Elektris dengan kalkulator (warung kecil / kelontong)
·
Elektronik dengan komputer (kassa pada swalayan)
Sistem Informasi
·
Proses menghasilkan informasi melalui tahapan Input – Proses –
Output disebut sebagai siklus proses informasi. Artinya bila tahap telah
sampai pada output maka output tersebut dapat dijadikan input kembali.
·
Pengolahan data menggunakan komputer di kenal dengan istilah
EDPS (Electronic Data Processing System).
·
Elemen-elemen perangkat keras yang menyusun sebuah komputer
terdiri atas perangkat input, proses dan output.
·
Unit Input (Input Device)
·
Dalam proses pemasukan data diperlukan suatu peralatan masukan
yang disebut sebagai alat input (input device), data kemudian diubah ke
dalam bentuk dasar data digital, kemudian diolah lagi menjadi bentuk yang
dimengerti oleh mesin.
·
Unit Pemroses (Process Device)
·
Pada pemrosesan data untuk menghasilkan informasi, dibutuhan
beberapa elemen seperti Storage (penyimpanan), Kontrol Unit, Central
Proccessing Unit (CPU).
·
Unit Keluaran (Output Device)
·
Data yang dimasukkan pada alat masukan pada komputer dan telah
diproses akan dikeluarkan melalui piranti keluaran.
·
Peralatan Input
·
Input Device berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke
dalam komputer.
·
Contoh – contoh input device adalah :
·
Keyboard
·
Keyboard Serial
·
Keyboard PS/2
·
Keyboard Wireless
·
Keyboard USB
·
Mouse
·
Mouse Serial
·
Mouse PS/2
·
Mouse Wireless
·
Mouse USB
·
Kamera
·
Seiring dengan perkembangan teknologi, pengguna kamera juga
telah banyak yang beralih kepada kamera yang memiliki hubungan dengan
komputer dengan pertimbangan kemudahan dalam pengeditan dan penambahan
komponen.
·
Joystick
·
Pengguna game membutuhkan perangkat ini untuk memudahkan
mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan
keyboard dan mouse. Jenis joystick yang dapat digunakan pada komputer juga
amat banyak, termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game balap
yang dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.
·
Masih banyak lagi input Device yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari, utamanya dalam pemakaian khusus yang memerlukan
kontrol langsung dari sistem komputer.
·
Peralatan Output
·
Output Device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau
memperoleh hasil pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh
komputer.
·
Contoh-contoh output Device adalah:
·
Monitor
·
Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi
untuk melihat hasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter,
gambar maupun warna.
·
Secara umum, monitor terbagi atas :
·
CRT (Cathode Rays Tube)
·
LCD (Liquid Crystal Display)
·
Printer
·
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh
Process Device.
·
Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
·
Printer Dot Matrix
·
Printer Inkjet
·
Printer Laser Jet
·
Plotter
·
Plotter memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang
membedakan adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu
mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk
mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya. Plotter juga mengalami
perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena
sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta
(Laserjet).
·
Speaker
·
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada
perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada
ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak
terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan
output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih
memberikan kepuasan yang lebih.
·
Peralatan Pemroses
·
Pada bagian inilah seluruh data yang diberikan oleh Input Device
diolah dan selanjutnya diteruskan kepada Output Device. Seluruh unjuk
kerja komputer amat bergantung pada komponen-komponen pada bagian ini.
·
Komponen-komponen Process Device adalah:
·
Processor
·
Komponen kecil ini adalah inti dari sebuah komputer. Dalam
komponen inilah seluruh perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan.
Singkat kata, kecepatan, kehandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh
Processornya. Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data
bus-nya. Misalkan ada processor 8 bit, itu berarti processor tersebut
memiliki 8 data bus. Ada beberapa produsen processor untuk PC, seperti
Intel, AMD, Cyrix dan Winchip IDT.
·
Motherboard
·
Motherboard/Mainboard atau “papan induk” merupakan papan sirkuit
terbesar pada komputer dan merupakan "badan" yang menghubungkan
seluruh unit pada sistem komputer. Fungsi motherboard secara keseluruhan
adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain, seperti Processor,
Memori, VGA Card, dan lain-lain. Motherboard juga memiliki beberapa
produsen, diantaranya adalah Intel, Asus, Iwill, Abit, DFI, Gigabyte, dll.
·
Komponen pokok pada motherboard terdiri dari:
·
Socket/Slot processor
·
Chipset (Northbridge dan Southbridge)
·
Super I/O Chip
·
ROM BIOS
·
Socket memory (SIMM/DIMM/RIMM)
·
Slot Bus (Jenis ISA/PCI/AGP)
·
Voltage Regulator
·
Baterry CMOS
·
Motherboard dibedakan menurut tipe processor yang didukung dan
form factor (bentuk dan ukuran) dari motherboard. Dari socket/slot
processor yang terpasang dapat diketahui jenis processor yang sesuai untuk
motherboard tersebut.
·
Memori Eksternal
·
SIMM (Single In-Line Memori Module)
·
DIMM (Dual In-Line Memori Module)
·
SDRAM (Synchronous DRAM)
·
ECC RAM (Error Checking and Correction RAM)
·
BEDO RAM (Burst EDO RAM)
·
SLDRAM (SyncLink DRAM)
·
DDRAM (Double Data Rate RAM)
·
Expansion Card
·
Card-card tambahan yang terpasang pada komputer dan memiliki
berbagai fungsi, antara lain:
·
VGA card: menghubungkan dan mengolah output yang berupa data ke
monitor
·
Sound card: memproses output berupa suara dan musik yang
kemudian diteruskan ke speaker
·
NIC (Network Interface Card) atau biasa dikenal dengan LAN card
yang berfungsi untuk menghubung-kan komputer untuk akses internet atau
jaringan antar komputer.
·
Fungsi dari masing-masing bagian komponen dalam pemrosesan data
pengolah dengan komputerisasi adalah :
·
Port Keyboard (Port untuk menghubungkan keyboard dengan
monitor)
·
Slot Ekspansi (Tempat memasang card-card yang
mempunyai beragam fungsi, seperti sound card, modem, VGA card)
·
Prosessor (Mesin utama pemroses data)
·
Memori (RAM) (Tempat penyimpanan sementara komputer)
·
Soket IDE (Penghubung piranti masukan atau
penyimpanan berupa harddisk, dan CDROM)
·
Socket Printer (LPT 1) (Port sarana penghubung printer dan
komputer)
·
Socket Serial (COM1 dan COM2)(Penghubung
mouse dan modem eksternal)
·
Soket Universal Serial Bus (USB) (Dapat digunakan untuk memasang modem,
mouse, keyboard, flashdisk)
FUNGSI DAN PROSES KERJA KOMPUTER
FUNGSI DAN PROSES KERJA KOMPUTERPeralatan Teknologi Informasi
- Radio, mesin elektronik penerima sinyal audio dari stasiun pemancar radio
- Televisi, mesin elektronik penerima sinyal audio-video dari stasiun pemancar televisi
- Komputer, mesin elektronik pengolah data digital
Peralatan Teknologi Komunikasi
- Satelite Telekomunikasi, penerima dan pengirim kembali sinyal telekomunikasi dari
stasiun bumi ke stasiun bumi lainnya
- Modem, singkatan dari Modulator-Demodulator.
Pada sisi pengiriman,
sinyal digital
data ditumpangkan pada sebuah sinyal analog pembawa. Pada sisi penerima, sinyal
digital data dipisahkan kembali dari sinyal analog pembawanya.
- Telepon, mesin elektronik yang memungkinkan dilakukannya percakapan jarak jauh
dua arah
- Faksimile, mesin elektronik yang memungkinkan dilaksanakannya pengiriman atau
penerimaan informasi teks/gambar dengan sistem reproduksi fotografi jarak jauh.
Secara teknis, sebuah komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Ini berarti dapat melaksanakan daftar instruksi program dan merespons instruksi yang baru diberikan
Arsitektur Komputer
- Arsitektur mesin komputer modern saat ini masih didasarkan pada arsitektur von
Neumann yang diperkenalkan pada tahun 1940
- Arsitektur von Neumann membagi mesin computer menjadi 4 bagian utama:
1. Bagian pelaksana perhitungan matematika
2. Bagian pengendali proses
3. Bagian penyimpanan
4. Bagian yang menangani masukan/keluaran
Generasi Komputer:
1. Komputer generasi pertama, memakai tabung hampa (vaccum tube) dan drum memory, sehingga komputer pada generasi ini memiliki ukuran fisik relatif besar
2. Komputer generasi kedua, memakai komponen transistor dan memori inti magnetik. Memiliki ukuran fisik lebih kecil dari generasi sebelumnya.
3. Komputer generasi ketiga, memakai komponen rangkaian terpadu (IC). Pada generasi inilah mulai terjadi miniaturisasi komputer
4. Komputer generasi keempat, memakai komponen rangkaian terpadu skala besar (LSI)
Kategori Komputer
Berdasar teknologi, fungsi, ukuran fisik, harga, kinerja
Microcomputerl
Disebut komputer pribadi (personal computer)¡
Harga relatif murah¡
Kecepatan sekitar 500 juta operasi per detik¡
Stand-alone atau terhubung adalam jaringan¡
Minicomputerl
Lebih powerful daripada microcomputer¡
Dapat melakukan pemrosesan untuk beberapa pengguna dari terminal yang terhubung¡
Terminal adalah piranti input dan output yang mirip dengan microcomputer karena mempunyai keyboard dan layar tetapi tidak mempunyai kemampuan pemrosesan¡
Mainframel
Lebih powerful daripada minicomputer¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users) – bisa sampai ribuan user¡
Sering terdiri dari beberapa CPU dengan peruntukan yang berbeda-beda¡
Supercomputerl
Awalnya didesain untuk pekerjaan yang memerlukan komputasi yang intensif (compute-intensive tasks) seperti pemodelan molekul, peramalan cuaca¡
Dapat memproses lebih dari 1 triliun instruksi per detik¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users)¡
Data dan Informasi
Data
- adalah istilah majemuk dari kata “datum” berarti fakta atau bagian dari fakta
mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, dapat berupa angka, huruf,
simbol, kata kata yang menunjukkan suatu ide objek, kondisi, atau situasi
- Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja
- Kumpulan fakta dari kesimpulan yang dapat ditarik
Informasi
- Sebuah pesan yang diterima dan bisa dipahami
- Pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman atau instruksi.
Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Definisi Teknologi Informasi
o Adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau menajemen berbasis system informasi computer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras computer.
o Teknologi informasi berkaitan dengan penggunaan mesin dan software komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengolah, mengirimkan dan aman mengambil informasi
• Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
o Adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi canggih dalam memanipulasi dan mengkomunikasikan informasi
Siklus Pemrosesan Informasi
Elemen siklus pemrosesan informasi
- Masukan (input)
- Pemroses (prosessor)
- Keluaran (output)
INPUT =>> PROSES =>> OUTPUT
Input device
- sebagai piranti pemberi masukan ke system computer, baik berupa perintah maupun
Data, contoh : Mouse, Keyboard, Scanner, Microphone, dsb
Central Processor Unit
- CPU sebagai bagian pusat pengolah dari data masukan menjadi informasi keluaran
- CPU adalah bagian komputer yang mengeksekusi instruksi untuk memproses data.
- Terdiri dari:
o Control Unit
o Aritmatic Logic Unit
o Memory
- CPU mengambil data dari RAM, memprosesnya, dan mengirimkan hasilnya ke RAM untuk disimpan atau ditampilkan
- Control unit mengarahkan dan mengkoordinasi pemrosesan
- ALU melakukan operasi aritmetika dan logika
Memori Komputer
o Read Only Memory (ROM), memory yang hanya bisa sibaca isinya saja
o Random Access Memory (RAM), memory yang bisa diakses secara acak. RAM bisa dibaca dan ditulisi data
Storage Device
o Internal Storage Device, perangkat penyimpan internal yang dipakai untuk menyimpan instalasi program serta file file kerja. Contohnya: harddisk
o Eksternal Storage Device, perangkat penyimpanan luar yang umumnya hanya dipakai untuk menympan file file kerja saja, dan juga file file mentah dari program aplikasi computer, contoh: compact dict (CD), disket, flash disk, dll
Output Device
Output divice sebagai piranti penampil informasi ke peripheral peripheral yang sesuai§
Contoh: monitor, printer, active speaker, dll§
Hardware Komputer
Microprocessorv
o Merupakan pusat dari pengolahan informasi
o Kecepatan pemrosesan ditentukan berdasarkan frekuensi sinyal trigger (clock) yang memicu microprosessor tersebut
o Frekuensi clock diukur dalam satuan MHz atau GHz
o Frekuensi clock menentukan kinerja computer dalam mengolah informasi
Random Acces Memory (RAM)v
o RAM adalah area dalam sistem komputer yang menyimpan data secara temporer/sementara sebelum dan sesudah diproses
o RAM bersifat volatile, membutuhkan tenaga untuk menyimpan data
o RAM adalah “ruang tunggu” prosesor komputer
o Kapasitas penyimpanan RAM diukur dalam MB (megabyte)
o Kecepatan RAM diukur dalam nanosecond
o RAM dipasang pada slot memory yang tersedia pada motherboard
Harddiskv
o Merupakan media penyimpanan permanent untuk data dan instalasi program
o Harddisk termasuk piranti penyimpan yang bersifat non-volatile
o Kapasitas harddisk diukur dalam satuan Gigabyte
VGA Cardv
o Piranti penampung outout untuk diumpankan ke piranti penampil (layer monitor
o Kualitas sebuah VGA Card ditentukan berdasarkan nilai resolusi dan kedalaman warna, serta kapasitas memori penampung yang dimilikinya.
Monitorv
o Piranti penampil proses pemasukan, pengolahan serta proses pengeluaran
o Kualitas sebuah monitor ditentukan berdasarekan kemampuannya menampilkan citra digital, baik dari resolusi maupun kedalaman warnanya
o Umumnya monitor mampu menampilkan citra digital dengan resolusi hingga 1024x768 pixel, serta kedalaman warna hingga 32 bit
o Faktor-faktor lain yang menentukan kualitas monitor adalah:
1. Bandwidth yaitu rentang frekuensi sinyal yang dapat didukung oleh monitor, yang menentukan seberapa banyak data yang dapat diproses dan seberapa cepat monitor dapat merefresh pada resolusi yang tinggi;
2. Refresh rate yaitu berapa kali monitor direfresh (ditampilkan-ulang), dan untuk menghindari tampilan yang berkedip-kedip, refresh rate minimal 72 Hz;
3. Interlaced atau noninterlaced. Interlacing adalah teknik untuk membuat monitor mempunyai resolusi yang lebih baik, tetapi ini akan mengurangi kecepatan reaksi monitor;
4. Dot pitch yaitu banyak ruang antarpiksel, yang berarti semakin kecil dot pitch semakin jelas citra yang dihasilkan; dan
5. Korvergensi yang berarti tingkat kejelasan dan ketajaman setiap piksel.
Sound Cardv
o Piranti yang memungkinkan pengguna computer bisa memberikan input suara (via microphone) serta menampilkan output suara (via active speaker)
o Pada perangkat ini terjadi konversi bentuk analog menjadi format digital atau sebaliknya.
LAN Card (NIC)v
o Piranti yang memungkinkan sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan komputer
Power Supply Unit (PSU))v
Piranti penyedia sumber arus listrik bagi seluruh perangkat sistem yang ada
Mouse, piranti penunjuk (pointing divice) untuk memberikan masukan dalam bentuk menu yang disajikan oleh dalam programv
Keyboard, Piranti pemberi masukan data (dan juga perintah dengan cara menekan tomnol2 kunci yang tersedia di dalamnyav
CD Drivev
- Piranti penggerak dan pembaca file pada media compact disk
- CD Drive yang berfungsi hanya membaca file saja sering disebut CD ROM
- CD Drive yang mempunyai kemampuan membaca maupun menulis file
dalam media compact disc disebut sebagai CD R/W drive
Peripheralv
o Printer, untuk mencetak keluaran pada media kertas
o Scanner untuk memindah citra analog menjadi citra digital
o LCD Projector, untuk memproyeksikan keluaran dari computer ke sebuah layer lebar
o Microphone, untuk memberikan masukan suara analog ke computer serta mengubahnya menjadi format digital
o Active Speaker, untuk menampilkan keluaran berupa audio/suara
o Webcam, untuk memberikan masukan berupa citra bergerak (video) maupun photo (still image)
o Headset, Untuk menampilkan keluaran berupa suara sekaligus dapat juga dipakai untuk memberikan masukan suara ke computer.
data ditumpangkan pada sebuah sinyal analog pembawa. Pada sisi penerima, sinyal
digital data dipisahkan kembali dari sinyal analog pembawanya.
- Telepon, mesin elektronik yang memungkinkan dilakukannya percakapan jarak jauh
dua arah
- Faksimile, mesin elektronik yang memungkinkan dilaksanakannya pengiriman atau
penerimaan informasi teks/gambar dengan sistem reproduksi fotografi jarak jauh.
Secara teknis, sebuah komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Ini berarti dapat melaksanakan daftar instruksi program dan merespons instruksi yang baru diberikan
Arsitektur Komputer
- Arsitektur mesin komputer modern saat ini masih didasarkan pada arsitektur von
Neumann yang diperkenalkan pada tahun 1940
- Arsitektur von Neumann membagi mesin computer menjadi 4 bagian utama:
1. Bagian pelaksana perhitungan matematika
2. Bagian pengendali proses
3. Bagian penyimpanan
4. Bagian yang menangani masukan/keluaran
Generasi Komputer:
1. Komputer generasi pertama, memakai tabung hampa (vaccum tube) dan drum memory, sehingga komputer pada generasi ini memiliki ukuran fisik relatif besar
2. Komputer generasi kedua, memakai komponen transistor dan memori inti magnetik. Memiliki ukuran fisik lebih kecil dari generasi sebelumnya.
3. Komputer generasi ketiga, memakai komponen rangkaian terpadu (IC). Pada generasi inilah mulai terjadi miniaturisasi komputer
4. Komputer generasi keempat, memakai komponen rangkaian terpadu skala besar (LSI)
Kategori Komputer
Berdasar teknologi, fungsi, ukuran fisik, harga, kinerja
Microcomputerl
Disebut komputer pribadi (personal computer)¡
Harga relatif murah¡
Kecepatan sekitar 500 juta operasi per detik¡
Stand-alone atau terhubung adalam jaringan¡
Minicomputerl
Lebih powerful daripada microcomputer¡
Dapat melakukan pemrosesan untuk beberapa pengguna dari terminal yang terhubung¡
Terminal adalah piranti input dan output yang mirip dengan microcomputer karena mempunyai keyboard dan layar tetapi tidak mempunyai kemampuan pemrosesan¡
Mainframel
Lebih powerful daripada minicomputer¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users) – bisa sampai ribuan user¡
Sering terdiri dari beberapa CPU dengan peruntukan yang berbeda-beda¡
Supercomputerl
Awalnya didesain untuk pekerjaan yang memerlukan komputasi yang intensif (compute-intensive tasks) seperti pemodelan molekul, peramalan cuaca¡
Dapat memproses lebih dari 1 triliun instruksi per detik¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users)¡
Data dan Informasi
Data
- adalah istilah majemuk dari kata “datum” berarti fakta atau bagian dari fakta
mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, dapat berupa angka, huruf,
simbol, kata kata yang menunjukkan suatu ide objek, kondisi, atau situasi
- Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja
- Kumpulan fakta dari kesimpulan yang dapat ditarik
Informasi
- Sebuah pesan yang diterima dan bisa dipahami
- Pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman atau instruksi.
Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Definisi Teknologi Informasi
o Adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau menajemen berbasis system informasi computer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras computer.
o Teknologi informasi berkaitan dengan penggunaan mesin dan software komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengolah, mengirimkan dan aman mengambil informasi
• Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
o Adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi canggih dalam memanipulasi dan mengkomunikasikan informasi
Siklus Pemrosesan Informasi
Elemen siklus pemrosesan informasi
- Masukan (input)
- Pemroses (prosessor)
- Keluaran (output)
INPUT =>> PROSES =>> OUTPUT
Input device
- sebagai piranti pemberi masukan ke system computer, baik berupa perintah maupun
Data, contoh : Mouse, Keyboard, Scanner, Microphone, dsb
Central Processor Unit
- CPU sebagai bagian pusat pengolah dari data masukan menjadi informasi keluaran
- CPU adalah bagian komputer yang mengeksekusi instruksi untuk memproses data.
- Terdiri dari:
o Control Unit
o Aritmatic Logic Unit
o Memory
- CPU mengambil data dari RAM, memprosesnya, dan mengirimkan hasilnya ke RAM untuk disimpan atau ditampilkan
- Control unit mengarahkan dan mengkoordinasi pemrosesan
- ALU melakukan operasi aritmetika dan logika
Memori Komputer
o Read Only Memory (ROM), memory yang hanya bisa sibaca isinya saja
o Random Access Memory (RAM), memory yang bisa diakses secara acak. RAM bisa dibaca dan ditulisi data
Storage Device
o Internal Storage Device, perangkat penyimpan internal yang dipakai untuk menyimpan instalasi program serta file file kerja. Contohnya: harddisk
o Eksternal Storage Device, perangkat penyimpanan luar yang umumnya hanya dipakai untuk menympan file file kerja saja, dan juga file file mentah dari program aplikasi computer, contoh: compact dict (CD), disket, flash disk, dll
Output Device
Output divice sebagai piranti penampil informasi ke peripheral peripheral yang sesuai§
Contoh: monitor, printer, active speaker, dll§
Hardware Komputer
Microprocessorv
o Merupakan pusat dari pengolahan informasi
o Kecepatan pemrosesan ditentukan berdasarkan frekuensi sinyal trigger (clock) yang memicu microprosessor tersebut
o Frekuensi clock diukur dalam satuan MHz atau GHz
o Frekuensi clock menentukan kinerja computer dalam mengolah informasi
Random Acces Memory (RAM)v
o RAM adalah area dalam sistem komputer yang menyimpan data secara temporer/sementara sebelum dan sesudah diproses
o RAM bersifat volatile, membutuhkan tenaga untuk menyimpan data
o RAM adalah “ruang tunggu” prosesor komputer
o Kapasitas penyimpanan RAM diukur dalam MB (megabyte)
o Kecepatan RAM diukur dalam nanosecond
o RAM dipasang pada slot memory yang tersedia pada motherboard
Harddiskv
o Merupakan media penyimpanan permanent untuk data dan instalasi program
o Harddisk termasuk piranti penyimpan yang bersifat non-volatile
o Kapasitas harddisk diukur dalam satuan Gigabyte
VGA Cardv
o Piranti penampung outout untuk diumpankan ke piranti penampil (layer monitor
o Kualitas sebuah VGA Card ditentukan berdasarkan nilai resolusi dan kedalaman warna, serta kapasitas memori penampung yang dimilikinya.
Monitorv
o Piranti penampil proses pemasukan, pengolahan serta proses pengeluaran
o Kualitas sebuah monitor ditentukan berdasarekan kemampuannya menampilkan citra digital, baik dari resolusi maupun kedalaman warnanya
o Umumnya monitor mampu menampilkan citra digital dengan resolusi hingga 1024x768 pixel, serta kedalaman warna hingga 32 bit
o Faktor-faktor lain yang menentukan kualitas monitor adalah:
1. Bandwidth yaitu rentang frekuensi sinyal yang dapat didukung oleh monitor, yang menentukan seberapa banyak data yang dapat diproses dan seberapa cepat monitor dapat merefresh pada resolusi yang tinggi;
2. Refresh rate yaitu berapa kali monitor direfresh (ditampilkan-ulang), dan untuk menghindari tampilan yang berkedip-kedip, refresh rate minimal 72 Hz;
3. Interlaced atau noninterlaced. Interlacing adalah teknik untuk membuat monitor mempunyai resolusi yang lebih baik, tetapi ini akan mengurangi kecepatan reaksi monitor;
4. Dot pitch yaitu banyak ruang antarpiksel, yang berarti semakin kecil dot pitch semakin jelas citra yang dihasilkan; dan
5. Korvergensi yang berarti tingkat kejelasan dan ketajaman setiap piksel.
Sound Cardv
o Piranti yang memungkinkan pengguna computer bisa memberikan input suara (via microphone) serta menampilkan output suara (via active speaker)
o Pada perangkat ini terjadi konversi bentuk analog menjadi format digital atau sebaliknya.
LAN Card (NIC)v
o Piranti yang memungkinkan sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan komputer
Power Supply Unit (PSU))v
Piranti penyedia sumber arus listrik bagi seluruh perangkat sistem yang ada
Mouse, piranti penunjuk (pointing divice) untuk memberikan masukan dalam bentuk menu yang disajikan oleh dalam programv
Keyboard, Piranti pemberi masukan data (dan juga perintah dengan cara menekan tomnol2 kunci yang tersedia di dalamnyav
CD Drivev
- Piranti penggerak dan pembaca file pada media compact disk
- CD Drive yang berfungsi hanya membaca file saja sering disebut CD ROM
- CD Drive yang mempunyai kemampuan membaca maupun menulis file
dalam media compact disc disebut sebagai CD R/W drive
Peripheralv
o Printer, untuk mencetak keluaran pada media kertas
o Scanner untuk memindah citra analog menjadi citra digital
o LCD Projector, untuk memproyeksikan keluaran dari computer ke sebuah layer lebar
o Microphone, untuk memberikan masukan suara analog ke computer serta mengubahnya menjadi format digital
o Active Speaker, untuk menampilkan keluaran berupa audio/suara
o Webcam, untuk memberikan masukan berupa citra bergerak (video) maupun photo (still image)
o Headset, Untuk menampilkan keluaran berupa suara sekaligus dapat juga dipakai untuk memberikan masukan suara ke computer.
makasih banyak sudah share min power supply hp
ReplyDelete