Makalah Pengenalan Teknik Mesin(Apa Itu Teknik Mesin)

iklan1

APA ITU TEKNIK MESIN

Apa itu teknik mesin?
Jika anda membayangkan tamatan teknik mesin kerjanya di bengkel, berarti anda salah besar. Walaupun proses belajar ju
ga berhubungan dengan oli, mesin cnc, bubut, atau membongkar mesin – mesin tertentu bukan berarti anda membayangkan tamat teknik mesin langsung kerja bengkel.
Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika. Teknik mesin itu sendiri  atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmumekanikakinematikateknik materialtermodinamika dan energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagaiinsinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatankendaraanpesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.
Ini adalah salah satu yang tertua dan terluas dari disiplin ilmu teknik.
Bidang teknik membutuhkan pemahaman tentang konsep inti termasuk mekanika, kinematika, termodinamika, ilmu material, analisis struktural, dan listrik. Insinyur mekanik menggunakan prinsip-prinsip inti ini bersama dengan alat-alat seperti desain dibantu komputer, dan manajemen siklus hidup produk untuk merancang dan menganalisis pabrik manufaktur, industri peralatan dan mesin, sistem pemanas dan pendingin, sistem transportasi, pesawat, perahu, robotika, peralatan medis, senjata, dan lain-lain.

Teknik mesin muncul sebagai lapangan selama revolusi industri di Eropa pada abad ke-18; Namun, perkembangannya dapat ditelusuri kembali beberapa ribu tahun di seluruh dunia. Ilmu teknik mesin muncul di abad ke-19 sebagai akibat dari perkembangan di bidang fisika. Lapangan telah terus berevolusi untuk menggabungkan kemajuan teknologi, dan insinyur mekanik saat mengejar perkembangan di bidang-bidang seperti komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Teknik mesin tumpang tindih dengan teknik aerospace, teknik metalurgi, teknik sipil, teknik elektro, teknik manufaktur, teknik kimia, dan disiplin ilmu teknik lainnya untuk jumlah yang bervariasi. Insinyur mekanik juga dapat bekerja di bidang teknik biomedis, khususnya dengan biomekanik, fenomena transportasi, biomechatronics, bionanotechnology, dan pemodelan sistem biologi.
Teknik mesin biasanya terdiri dari :
1.    Perancangan Mekanik dan Konstruksi
2.    Proses Manufaktur dan Sistem Produksi
3.    Konversi energi
4.    Ilmu Bahan / Metalurgi

Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif.
Dalam teknik mesin juga diajarkan untuk mengubah sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan, yaitu dengan perlakuan panas ataupun penambangan unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam. Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu     tentang mesin-mesin otomotif. Hal ini tidaklah salah, tetapi kurang tepat. Karena untuk dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif, kamu perlu cukup masuk ke kursus-kursus otomotif. Bahkan, jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif, maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam hal memperbaiki mesin-mesin otomotif. Jadi, teknik mesin mengajarkan lebih dari itu. akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin,yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya), jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan persoalan. Hal yang dipelajari dalam teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif, sedangkan mekanik otomotif hanya dapat memperbaiki sesuatu berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan selama pelatihan.

Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Hal ini tidaklah salah, tetapi kurang tepat. Karena untuk dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif, kamu perlu cukup masuk ke kursus-kursus otomotif. Bahkan, jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif, maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam hal memperbaiki mesin-mesin otomotif. Jadi, teknik mesin mengajarkan lebih dari itu. akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin,yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya), jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan persoalan. Hal yang dipelajari dalam teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif, sedangkan mekanik otomotif hanya dapat memperbaiki sesuatu berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan selama pelatihan.
Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih, dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga mempunyai hubungan dengan teknik penerbangan, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, dan teknik kimia.

          Teknik mesin sangat dibutuhkan dalam era industrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia, maka dibutuhkan banyak tenaga kerja yang dapat menangani alat-alat industri yang ada dan dipakai di Indonesia. Untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja tersebut, maka dibutuhkan teknik mesin. Dalam memilih suatu penyelesaian perlu dpertimbangkan prinsip-prinsip keandalan, keselamatan, dan ekonomi. Prinsip keandalan adalah pedoman mengenal fungsi alat dan kapasitasnya, yang harus dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh dunia industri. Prinsip keselamatan mempertimbangkan tingkat keselamatan alat jika terjadi kecelakaan. Prinsip ekonomis berarti biaya pembuatan harus sebanding dengan penggunaannya yang optimal, sehingga cost effectiveness-nya tinggi.
Gelar kesarjaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik mesin adalah Sarjana Teknik Mesin. Dulunya, gelar kesarjanaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik mesin adalah insyiur.
Pendidikan untuk teknik mesin ditawarkan di universitas di seluruh dunia. Di Brasil, Irlandia, Cina, Yunani, Turki, Amerika Utara, Asia Selatan, India, Indonesia dan Britania Raya, program teknik mesin diselesaikan dalam waktu 4 atau 5 tahun dan lulus sebagai Sarjana Sains (Bachelor of Science/B.Sc), Sarjana Teknik Sains, Sarjana Teknik (B.Eng), dan Sarjana Teknologi (B.Tech). Di Spanyol, Portugal dan kebanyakan negara Amerika Selatan, nama resmi untuk lulusan teknik mesin adalah Insinyur Teknik (Mechanical Engineer), dan lama pendidikannya bisa 5 atau 6 tahun.
Beberapa insinyur teknik mesin melanjutkan pendidikan pascasarjana mereka dengan mengambil program 
Master Teknik, Master Teknologi, Master Sains, Master Manajemen Teknik (MEng.Mgt atau MEM), atau Doctor of Philosophy di bagian teknik (EngD, PhD). Studi pada tingkatan master bisa memuat atau tidak memuat penelitian. Doctor of Philosophy memuat banyak penelitian dan biasanya dijadikan pintu masuk untuk para akademisi.

Sejarah teknik mesin
Aplikasi ilmu mekanika ditemukan dalam catatan masyarakat kuno dan abad pertengahan di seluruh dunia. Di Yunani kuno, karya-karya Archimedes (287 SM-212 SM) sangat dipengaruhi mekanika dalam tradisi Barat dan Heron dari Alexandria (c. 10-70 M) menciptakan mesin uap pertama. Di Cina, Zhang Heng (78. -139 M) merombak jam air dan menemukan seismometer, dan Ma Jun (200-265 M) menciptakan sebuah kereta dengan roda gigi diferensial. Para horologist Cina abad pertengahan dan insinyur Su Song(1020-1101 M) dimasukkan sebuah mekanisme pelarian di menara jam astronomi dua abad sebelum rilis apapun dapat ditemukan pada jam abad pertengahan di Eropa, dan dunia mengetahui rantai transmisi listrik dengan daya tak berujung pertama.

         
Selama tahun dari 7 sampai abad ke-15, zaman yang disebut Zaman Keemasan Islam, tercatat kontribusi yang luar biasa dari penemu muslim di bidang teknologi mekanik. Al-Jazari, yang menulis Kitab yang terkenal  "Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices" pada tahun 1206, dan membuat banyak desain mekanik. Dia juga dianggap sebagai penemu perangkat mekanis seperti yang sekarang membentuk mekanisme yang sangat dasar, seperti crankshaft dan camshaft. Al-Jaziri juga disebut sebagai pencetus ilmu robotika dengan membuat perahu yang bergerak otomatis dengan memanfaatkan mekanisme pergerakan fluida.

         
Terobosan penting dalam dasar-dasar ilmu teknik mesin terjadi di Inggris selama abad ke-17 ketika Sir Isaac Newton merumuskan hukum baik tiga Hukum Newton tentang gerak dan Kalkulus yang dikembangkan. Pada awalnya, Newton enggan untuk mempublikasikan metode dan hukum-hukumnya selama bertahun-tahun, tapi ia akhirnya dibujuk oleh rekan-rekannya, seperti Sir Edmund Halley. Penemuan Newton merupakan penemuan besar dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh umat manusia bahkan penemuannya masih relevan untuk diaplikasikan pada saat ini.

         
Selama awal abad ke 19 di Inggris, Jerman dan Skotlandia, perkembangan peralatan mesin membuat ilmu teknik mesin untuk berkembang sebagai bidang yang terpisah dari ilmu keteknikan atau rekayasa, penyediaan mesin-mesin manufaktur dan engine-engine membantu perkembangan tersebut. Lembaga masyarakat profesional insinyur teknik mesin pertama Inggris dibentuk pada tahun 1847 bernama Institutions of Mechanical Engineers, tiga puluh tahun setelah para insinyur sipil membentuk lembaga masyarakat pertama bernama Institutions of Civil Engineers. Di benua Eropa., Johann Von Zimmermann (1820-1901) mendirikan pabrik pertama untuk mesin penggilingan diChemnitz (Jerman) pada tahun 1848.

         
Di Amerika Serikat, American Society of Mechanical Engineers (ASME) dibentuk pada tahun 1880 dan menjadi organisasi profesional teknik ketiga setelah American Society of Civil Engineers (1852) danAmerican Institute of Mining Engineers (1871). Sekolah pertama di Amerika Serikat yang menawarkan pendidikan teknik adalah Akademi Militer Amerika Serikat pada 1817, lembaga yang sekarang dikenal sebagai Norwich University di tahun 1819, dan Rensselaer Polytechnic Institute di 1825. Pendidikan di teknik mesin secara historis didasarkan pada fondasi yang kuat dalam matematika dan ilmu pengetahuan.

Tokoh-tokoh Islam di bidang Teknik Mesin
Dialah Al-Jazari (1136 M-1206 M), ilmuwan Muslim terkemuka yang didaulat dunia sebagai 'Bapak Teknik Moderen'.
Insinyur yang juga didapuk sebagai 'Bapak Perintis Robot' itu juga dikenal dunia sebagai peletak sejarah teknologi modern.
Penemu berbagai peralatan teknologi itu bernama lengkap Al-Shaykh Ra'is Al-A’mal Badi’ Al-Zaman Abu Al-‘Izz ibn Ismail ibn Al-Razzaz Al-Jazari.
Namanya mengguncang jagad teknologi dunia lewat kitabnya yang fenomenal berjudul Al-Jami” Bayn al-‘Ilm wa Al-Amal Al-Nafi’ fi Sina’at Al-Hiya (Ikhtisar dan Panduan Membuat Berbagai Mesin Mekanik).
Inilah risalah paling penting dalam tradisi teknik mesin Islam, juga dunia. Lewat karyanya itu, Al-Jazari juga telah meletakan dasar kerja dalam sejarah teknologi.
Tak heran, jika buku teknologi yang ditulisnya itu mampu ‘menyihir’ dan membetot perhatian para ahli sejarah teknologi dan sejarawan seni dunia.
Selain dikenal sebagai seorang penemu dan insinyur besar, dunia juga mengenalnya sebagai seorang seniman hebat. Betapa tidak, dalam risalah fenomenal yang diciptakannya, secara gamblang dan lugas Al-Jazari melukiskan penemuannya dengan lukisan khas bergaya Islami era kekhalifahan.
Lukisan miniatur dari karya-karya yang diciptakannya itu berisi petunjuk dan tata cara untuk membuat peralatan atau teknologi yang diciptakannya. Sehingga memungkinkan setiap pembaca risalahnya untuk merangkai dan menbuat beragam penemuannya itu.
Tak pelak, risalah yang berisi 50 penemuan yang diciptakannya itu mengundang decak kagum para sejarawan teknologi dunia.
''Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, dia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin,'' ungkap Sejarawan Inggris, Donald R Hill, dalam tulisannya berjudul Studies in Medieval Islamic Technology.
Sejarawan lainnya yang terpesona dengan risalah penemuan Al-Jazari adalah Lynn White. ''Jelas sudah bahwa penemua roda gigi pertama adalah Al-Jazari. Barat baru menemukannya pada tahun 1364 M,'' ungkap Lynn.
Menurut Lynn, kata gear (roda gigi) baru menjadi pembendaharaan kata atau istilah dalam desain mesin Eropa pada abad ke-16 M.
Dalam pandangan Donald Hill, tak ada satu pun dokumen yang mampu menandingi karya Al-Jazari sampai abad modern ini. Menurut dia, risalah penemuan Al-Jazari begitu kaya akan instuksi mengenai desain, pembuatan dan perakitan mesin-mesin.
''Al-Jazari tak hanya mampu memadukan teknik-teknik para pendahulunya dari Arab dan non-Arab, tapi juga dia benar-benar seorang insinyur yang kreatif,'' papar Hill yang begitu mengagumi Al-Jazari.
Ketertarikannya atas karya sang insinyur Muslim, Donald Hill pun terpacu untuk untuk menerjemahkan karya Al-Jazari pada 1974. Penerjemahan risalah Al-Jazari itu akhirnya mampu mematahkan klaim Barat atas pencapaian teknologi yang dicapainya.
Ternyata, jauh sebelum Barat menemukan teknologi yang dibanggakannya, Al-Jazari telah menemukannya. Bahkan, Barat justru banyak meniru dan mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditemukan para ilmuwan Islam.
Sebagai seorang insinyur Muslim, Al-Jazari juga tak pernah menyembunyikan pengetahuan yang dikuasai dari orang lain. Namun, tak seperti karya-karya ciptaannya yang begitu gamblang, jejak kehidupan pribadi sang insinyur tak begitu banyak dikupas.
Satu-satunya sumber yang mengupas otobiografinya ada di dalam pengantar buku yang ditulisnya. Sehingga kita tak bisa mengetahui hari dan tanggal kelahiran Al-Jazari. Dia diperkirakan lahir pada 1136 M.
Dalam pembukaan risalah penemuan yang ditulisnya, Al-Jazari menyebut secara lengkap identitas dirinya sebagai Al-Shaykh Ra'is Al-A’mal Badi`Al-Zaman Abu Al-Izz ibn Ismail ibn Al-Razzaz Al-Jazari.
Gelar Ra'is Al-A`mal yang melekat pada namanya menunjukkan bahwa Al-Jazari adalah seorang pemimpin para insinyur kala itu.
Sedangkan titel Badi`Al-Zaman dan Al-Shaykh yang disandangnya menunjukkan bahwa dia adalah seorang ilmuwan yang unik, tak tertandingi kehebatannya, menguasai ilmu yang tinggi, serta bermartabat.
Sedangkan, kata ‘Al-Jazari' yang melekat pada nama lengkapnya itu menunjukkan amsalnya. Keluarga Al-Jazari berasal dari Jazirah Ibnu Umar di Diyar Bakr, Turki.
Namun, hipotesis lainnya menyebutkan bahwa Al-Jazari terlahir di Al-Jazira, sebuah kawasan yang terletak di sebelah utara Mesopotamia, yakni kawasan di utara Irak dan timur laut Suriah. Tepatnya antara Tigris dan Eufrat.
Di sanalah Al-Jazari mencurahkan hidupnya sebagai seorang insinyur dengan menciptakan berbagai mesin. Para penjelajah dan pelancong yang bertandang ke wilayah itu pada abad ke-12 M mengagumi kemakmuran yang diraih Dinasti Artukid. Pada saat itu pula, kedamaian dan stabilitas politik dan keamanan begitu terkendali.
Seperti halnya sang ayah, Al-Jazari mengabdikan dirinya pada raja-raja dari Dinasti Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200 sebagai ahli teknik. Semasa hidupnya, Al-Jazari mengalami tiga kali suksesi kepemimpinan di Dinasti Artukid, yakni; Nur Al-Din Muhammad ibn Arslan (570 H-581 H/1174 M-1185 M); Qutb Al-Din Sukman ibn Muhammad (681 H-697 H/1185 M-1200 M); dan Nasir Al-Din Mahmud ibn Muhammad (597 H-619 H/1200 M-1222 M).
Atas permintaan Nasir Al-Din Mahmud, Al-Jazari menuliskan seluruh penemuannya dalam sebuah risalah yang fenomenal.
Dalam pengantar risalahnya, Al-Jazari mengungkapkan bahwa dirinya mulai mengabdi pada Dinasti Artuqid pada tahun 570 H/1174 M. Ia menulis risalah penemuannya, setelah 25 tahun bersama menjadi ahli teknik di bawah kepemimpinan tiga raja Dinasti Artuqid.
Berdasarkan informasi itu, kita dapat menyimpulkan, kemungkinan Al-Jazari menulis risalahnya pada tahun 595 H/1198 M, atau dua tahun sebelum Nasir Al-Din didaulat menjadi raja.
Menurut naskah Oxford, Al-Jazari merampumgkam risalahnya yang mengguncang dunia teknik modern pada 16 Januari 1206 M.
Karya besar Al-jazari itu disempurnakan oleh Muhammad ibn Yusuf ibn Utsman Al-Haskafiat pada akhir Sya'ban 602 H/10 April 1206.
Berdasarkan catatan Haskafiat, pada saat itu Al-Jazari sudah tiada. Dari catatan itulah, Al-Jazari diperkirakan wafat pada tahun 602 H/1206 M—beberapa bulan setelah dia menyelesaikan karyanya.
Berkat karya-karyanya yang begitu gemilang, Al-Jazari telah turut mengangkat sejarah peradaban Islam pada kejayaannya di abad ke-12 M. Saat itu, dunia Islam mampu mencapai peradaban paling tinggi.

Ngapain aja di teknik mesin?
Sebenarnya nama teknik mesin adalah terjemahan yang sangat tidak pas. Padahal arti sebenarnya dari mechanical engineering adalah seorang yang merekayasa suatu permasalahan yang berkaitan tentang mekanika. Mungkin masalah nama dari jurusan ini yang menjadi penyebab ketidaktahuan siswa-siswa SMA tentang jurusan yang menjadimother dari engineering ini. Mungkin ini juga yang menjadi penyebab kenapa sangat sedikit mahasiswi lulusan teknik mesin.

          Saya rasa ini harus menjadi PR bagi para alumnus
 mechanical engineering untuk dapat memberikan pengetahuan secara meluas tentang luasnya bidang ilmu pengetahuan ini.

Lalu apa yang dipelajari di teknik mesin?
Sangat banyak. Menurut saya, teknik mesin sangat cocok bagi setiap orang yang menyukai ilmu-ilmu tentang fisika klasik. Dengan sedikit bantuan kemampuan matematika, bagi yang berminat berkecimpung dalam bidang ini  dapat  menjadi ahli . Kalau boleh saya bagi, ada 2 bidang keilmuan yang harus dimiliki dengan dasar yang kuat, yaitu Mekanika dan Termodinamika.
Mekanika meliputi semua proses sebab-akibat bergeraknya sebuah sistem, apapun itu sistemnya. Baik sistem tersebut bergerak dengan cara berputar, translasi maupun kombinasi antara keduanya. Ataupun dengan jenis sistem yang berbeda, baik sistem tersebut berupa zat padat dengan berbagai macam bentuk maupun dengan sistem fluida. Berdasarkan konsep ini, turun banyak ilmu-ilmu yang nantinya harus dipelajari seperti struktur, material,getaran, kinematika, manufaktur, robotika, dinamika, mekanika fluida, dan masih banyak lagi. Jadi jangan pernah beranggapan hanya teknik sipil saja yang mempelajari struktur.Mechanical engineer pun bisa juga mengaplikasikannya dengan mudah. Perbedaannya terletak pada sipil lebih ke struktur-struktur besar (gedung, jembatan, dll) dan mesin lebih ke aplikasi pada sebuah alat/sistem.

Sementara termodinamika meliputi semua kaitan tentang perpindahan energi (panas) akibat dari sebuah sistem dinamik. Definisi lain dari materi ini adalah kita mempelajari bagaimana interaksi suatu sistem dengan lingkungan. Nah, biasanya interaksi sistem-lingkungan yang banyak dibahas adalah tentang energi. Hukum kekekalan energi menjadi dasar pada bidang ilmu ini. Dari sini muncul materi-materi yang akan dipelajari seperti sistem pembangkit daya,perpindahan panas, sistem pendingin, penukar panas, motor bakar, propulsi, dan lain-lain.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?
Karena luasnya bidang yang dipelajari teknik mesin ini, maka dibentuklah sub-jurusan atau yang sering disebut kelompok keahlian. Dengan maksud agar setiap orang yang berkecimpung di bidang ini bisa lebih fokus dalam melakukan riset dan pembelajaran. Biasanya kelompok keahlian yang terdapat di teknik mesin adalah manufaktur dan otomasiperancangankonversi energi, dan ilmu material. Bahkan di beberapa perguruan tinggi besar, seperti ITB, jurusan baru terbentuk akibat pengembangan dari teknik mesin, contohnya teknik material, teknik penerbangan dan mekatronika. Akhir-akhir ini, Teknik Mesin di ITB juga sudah mulai merintis salah satu bidang riset yang baru di Indonesia, yaitu Biomekanik.
Biomekanik adalah salah satu riset dalam kelompok keahlian perancangan di Teknik Mesin yang meneliti tentang irisan antara engineering dengan makhluk hidup, biasanya manusia. Beberapa contoh riset yang dilakukan dalam Biomekanik adalah Analisis gaya pada proses manusia berjalan, analisis tegangan pada rahang manusia dalam proses gigi implan, pembuatan alat fiksasi patah tulang, desain tas gunung, dll. Oleh karena itu, tidak jarang, riset yang dilakukan melibatkan ahli dalam bidang ilmu lain seperti dokter spesialis ortopedi dan dokter gigi. Di bawah ini merupakan salah satu riset di bidang Biomekanik, yaitu alat fiksasi tulang bagi penderita patah tulang. Alat ini yang bikin bukan dokter, tapi orang teknik mesin. 

Bagaimana dengan teknik mesin di luar negeri?

Di luar negeri, riset teknik mesin secara konvensional sudah tidak begitu diminati karena menurut saya, secara terapan dari ilmu sains dalam bidang teknik mesin ini sudah sangat tinggi. Penelitian di bidang ilmu terapan teknik mesin lebih cenderung bersifat improvement, bukan menginvent sesuatu yang baru. Saat ini, riset di bidang mesin lebih bergairah dalam bidang yang berkaitan dengan ilmu lain seperti, biomekanik, material, dan energi terbarukan. Riset tersebut biasanya akan melibatkan bidang keahlian dari ilmu lain seperti Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Kimia, Biologi, Kedokteran, dll. Namun demikian, di Indonesia, metode riset seperti ini belum terintegrasi dengan baik.


Lalu bagaimana dengan lapangan pekerjaannya? Apakah juga seluas ilmunya?

Pekerjaan (insinyur) di bidang Teknik Mesin berbeda dengan seorang saintis atau peneliti di bidang Teknik Mesin. Karena harus menginvent ilmu yang baru, maka disebutkan bahwa saintis atau peneliti di bidang teknik mesin mulai berjalan menuju ranah ilmu lain. Sementara itu, insinyur di bidang teknik mesin cenderung lebih ke ilmu terapan konvensional. Oleh karena itu, kalau bicara masalah pekerjaan dalam bidang ini, jangan ditanya. Jika kita bicara industri, pasti jurusan ini dicari, entah apapun itu industrinya. 

          Luasnya ilmu yang ada menyebabkan luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk profesi ini. Hampir semua industri membutuhkan kelompok profesi ini. Salah satu yang pasti adalah semua industri manufaktur. Baik itu manufaktur makanan maupun minuman hingga alat-alat berat.

          Baru-baru ini, saya mendengar dari salah seorang dosen tentang lowongan pekerjaan di perusahaan pembuat Kitchen Set. Saya sempet bingung awalnya, karena, apa hubungannya Teknik Mesin ama Dapur??? tapi ternyata Kitchen Set yang dimaksud itu Kitchen Set yang sering digunakan di warung2 waralaba seperti KFC, Mc Donald, Pizza Hut, Subway, dll. Pernah liat kan? yang kalo kita pesen di kasirnya, kita ngliat peralatan2 berwarna perak yang ada di dapur itu seperti, meal warmer, deep frying, burger oven, exhaust, ice cream maker, dll. Dalam proses pembuatan alat2 tersebut, tentu tidak bisa ngawur karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kualitas produk yang akan dijual. Dan lagi2, insinyur di balik itu semua adalah kelompok keilmuan Teknik Mesin.

          Di industri migas
, kelompok profesi ini sangatlah dibutuhkan. Banyak sekali aspek yang dapat dilakukan oleh profesi ini. seperti desain pipelinewell interventionrotating machinarydrilling, desainer pressure vessel (bejana tekan), dll. Di pembangkit listrik pun profesi teknik mesin memegang peranan yang besar. Karena prinsip yang ada pada sistem pembangkit listrik baik itu bertenaga uap, panas bumi, nuklir, biomassa, dll adalah sama, yaitu ilmu termodinamika. Berbasis dari ilmu termodinamika yang dimiliki, problematika pada turbin, kompresor, pompa, sistem perpipaan, penukar panas, boiler, dll menjadi tanggung jawab insinyur mesin yang ada di perusahaan ini. Di industri transportasi, sudah barang tentu mechanical engineer menjadi roh bagi perusahaannya.

Dari industri mobil komersial hingga pesawat terbang. Desain body, chassis, engine, sistem propulsi, dan mekanisme-mekanisme lain menjadi perkerjaan pokok yang akan ditemui disana. Bahkan di ranah kontraktor gedung bertingkat pun lulusan teknik mesin pun masih bisa berbicara banyak. Masalah sistem AC sentral (sistem pengondisian udara), plumbing dan sistem pemadam kebakaran menjadi pekerjaan yang akan ditemui disini. Perusahaan-perusahaan jasa maintenance dan service juga bisa menjadi ranah lain yang dapat digeluti oleh cabang keprofesian ini.

Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC), juga memerlukan jasa mechanical engineer untuk memberikan saran dan konsultasi dalam pemilihan barang-barang penting. Di luar dari yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi sektor-sektor pokok yang dapat ditekuni oleh seorang mechanical engineer.

          Maka dari itu, saya sangat bersyukur pada akhirnya Allah menunjukkan jalan saya disini. Alhamdulillah ternyata profesi ini yang selama ini saya cari. Allah yang membimbing saya pada passion saya. Dia lebih tahu dari apa yang kita butuhkan.

Maka, jangan ragu buat anda-anda yang tertarik di dunia engineering. Bagi anda yang sangat menyukai ilmu-ilmu fisika klasik dan matematika terapan, jurusan ini membuka ruang anda untuk berkreasi dan berinovasi sebanyak mungkin. Jangan pernah bohongi kata hati anda. Just follow your passion.
Dan perhatikan! hampir semua bidang yang digeluti di bidang ini mempunyai peranan sentral dalam kehidupan masyarakat luas.

Pendidikan Teknik Mesin
Derajat di teknik mesin yang ditawarkan di berbagai universitas di seluruh dunia. Di Brasil, Irlandia, Filipina, Pakistan, Cina, Yunani, Turki, Amerika Utara, Asia Selatan, Nepal, India, Republik Dominika dan Inggris, program teknik mesin biasanya memakan waktu empat sampai lima tahun studi dan menghasilkan Sarjana Teknik (B. Eng. atau BE), Bachelor of Science (B.Sc. atau BS), Bachelor of Engineering Science (B.Sc.Eng.), Bachelor of Technology (B.Tech.), Sarjana Teknik Mesin (BME ), atau Sarjana Sains Terapan (BASC.) gelar, di atau dengan penekanan di bidang teknik mesin. Di Spanyol, Portugal dan sebagian besar Amerika Selatan, di mana tidak B.Sc. atau B.Tech. program telah diadopsi, nama resmi untuk gelar adalah "Mechanical Engineer", dan pekerjaan saja didasarkan pada lima atau enam tahun pelatihan. Di Italia pekerjaan saja didasarkan pada lima tahun pelatihan, tetapi dalam rangka untuk memenuhi syarat sebagai Engineer seseorang harus lulus ujian negara pada akhir kursus. Di Yunani, kursus ini didasarkan pada kurikulum lima tahun dan persyaratan dari 'Diploma' Skripsi, yang setelah selesai suatu 'Diploma' diberikan daripada B.Sc.

Di Australia, derajat teknik mesin diberikan sebagai Bachelor of Engineering (Teknik) atau nomenklatur yang sama [10] meskipun ada peningkatan jumlah spesialisasi. Gelar mengambil empat tahun studi penuh-waktu untuk mencapai. Untuk memastikan kualitas dalam derajat rekayasa, Engineers Australia akreditasi derajat rekayasa diberikan oleh universitas-universitas Australia sesuai dengan Washington Accord global. Sebelum gelar dapat diberikan, mahasiswa harus menyelesaikan minimal 3 bulan pada pengalaman kerja pekerjaan di sebuah perusahaan teknik. Sistem serupa juga hadir di Afrika Selatan dan diawasi oleh Dewan Teknik Afrika Selatan (ECSA).

Di Amerika Serikat, sebagian besar program sarjana teknik mesin diakreditasi oleh Badan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi (ABET) untuk memastikan persyaratan kursus yang sama dan standar di antara perguruan tinggi. Situs web ABET berisi 302 program teknik mesin terakreditasi sebagai 11 Maret 2014. [11] program Teknik mesin di Kanada diakreditasi oleh Badan Akreditasi Rekayasa Kanada (CEAB), [12] dan sebagian besar negara lain yang menawarkan gelar teknik memiliki masyarakat akreditasi yang sama .

Di India, untuk menjadi seorang insinyur, salah satu kebutuhan untuk memiliki gelar teknik seperti B.Tech atau BE atau memiliki ijazah di bidang teknik atau dengan menyelesaikan kursus dalam perdagangan rekayasa seperti bugar dari Pelatihan Industri Institute (ITIS) untuk menerima "Sertifikat Perdagangan ITI" dan juga harus melewati All India Uji Perdagangan (AITT) dengan perdagangan rekayasa yang dilakukan oleh Dewan Nasional Pelatihan Kejuruan (NCVT) oleh mana yang diberikan "Sertifikat Perdagangan Nasional".

Beberapa insinyur mekanik pergi untuk mengejar gelar pascasarjana seperti Master of Engineering, Master of Technology, Master of Science, Master of Manajemen Rekayasa (M.Eng.Mgt. Atau MEM), Doctor of Philosophy di bidang teknik (Eng.D . atau Ph.D.) atau gelar insinyur. Master dan gelar insinyur mungkin atau mungkin tidak termasuk penelitian. The Doctor of Philosophy termasuk komponen penelitian yang signifikan dan sering dipandang sebagai titik masuk ke dunia akademis. [13] Tingkat Engineer ada di beberapa lembaga di tingkat menengah antara gelar master dan doktor tersebut.

Lisensi Dan Peraturan
Insinyur dapat meminta lisensi oleh negara, provinsi, atau pemerintah nasional. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan bahwa insinyur memiliki pengetahuan yang diperlukan teknis, pengalaman dunia nyata, dan pengetahuan tentang sistem hukum lokal untuk berlatih teknik di tingkat profesional. Setelah bersertifikat, insinyur diberi judul Profesional Engineer (di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Bangladesh dan Afrika Selatan), Chartered Engineer (di Inggris, Irlandia, India dan Zimbabwe), Chartered Professional Engineer ( di Australia dan Selandia Baru) atau Insinyur Eropa (banyak Uni Eropa), Terdaftar Insinyur atau Insinyur Profesional di Filipina dan Pakistan.

Di AS, untuk menjadi Engineer berlisensi profesional (PE), seorang insinyur harus lulus FE komprehensif (Fundamentals of Engineering) ujian, bekerja minimal 4 tahun sebagai Teknik Intern (EI) atau Insinyur-dalam-Pelatihan (EIT) , dan lulus "Prinsip dan Praktek" atau PE ujian (Berlatih Insinyur Profesional Insinyur atau). Persyaratan dan langkah-langkah dari proses ini adalah yang ditetapkan oleh Dewan Nasional Penguji untuk Teknik dan Survei (NCEES), sebuah terdiri dari teknik dan survei tanah papan perizinan yang mewakili semua negara bagian dan teritori AS.

Di Inggris, lulusan saat ini memerlukan Beng ditambah gelar master yang sesuai atau gelar MEng terintegrasi, minimal 4 tahun pasca sarjana pada pengembangan kompetensi kerja, dan laporan proyek peer review di daerah calon khusus untuk menjadi Chartered Insinyur mekanik (Ceng, MIMechE) melalui Lembaga Mechanical Engineers. Ceng MIMechE juga dapat diperoleh melalui rute pemeriksaan melalui Kota dan Guilds of London Institute. [Rujukan?]

Di negara-negara paling maju, tugas rekayasa tertentu, seperti desain jembatan, pembangkit tenaga listrik, dan pabrik kimia, harus disetujui oleh Insinyur Profesional atau Chartered Engineer. "Hanya seorang insinyur berlisensi, misalnya, dapat mempersiapkan, tanda, segel dan menyerahkan rencana teknik dan gambar kepada otoritas publik untuk persetujuan, atau untuk menutup pekerjaan rekayasa untuk klien publik dan swasta." [20] Persyaratan ini dapat ditulis ke dalam negara dan undang-undang provinsi, seperti di provinsi-provinsi Kanada, misalnya Ontario atau Quebec Insinyur Act. [21]

Di negara lain, seperti Australia, dan Inggris, tidak ada undang-undang seperti itu ada; Namun, hampir semua badan sertifikasi menjaga kode etik independen legislasi, yang mereka harapkan semua anggota untuk mematuhi atau pengusiran risiko. [22]

Prospek Lulusan Teknik Mesin
Sejalan dengan perkembangan sektor industri nasional, kebutuhan akan lulusan Teknik Mesin yang dapat menangani alat-alat industri yang ada juga akan meningkat. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat menempati posisi pekerjaan di berbagai bidang seperti :

1.   Bidang Perawatan Mesin
Produksi dari suatu perusahaan sangat bergantung pada perawatan mesin-mesin produksi maupun pada energi yang menggerakkan mesin-mesin produksi. Dari mulai pelumasan penggantian suku cadang yang sudah rusak sampai kepada pengontrolan produksi, semua itu dilakukan oleh seorang lulusan Teknik Mesin.

2.   Bidang Industri Alat Berat
Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri alat-alat berat dan menempati posisi di berbagai divisi yang ada seperti divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain.

3.   Penguji Spesimen Produksi
Pada bidang ini seorang lulusan Teknik Mesin bertugas menguji spesimen hasil produksi, dan menentukan proses yang tepat untuk menghasilkan bahan dengan kekuatan sesuai kebutuhan penggunaannya.

4.   Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
Di berbagai departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT dan IPTN. Lulusan teknik mesin juga dapat berprofesi sebagai dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

5.   Bidang Lainnya
Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Lulusan Teknik Mesin juga dapat berprofesi sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan manufaktur, dan lain-lain.

Lapangan Kerja Untuk Insinyur Mesin
          Ini ada pandangan saya mengenai apa dan bagaimana prospek seorang sarjana teknik mesin dan apa kendalanya selama ini.
Setelah lulus Kuliah dan dapat nilai bagus yaitu IPK diatas 2,75 (negeri) dan IPK diatas 3,0 (swasta), kita berusaha untuk mencari kerja.
Adapun bidang pekerjaan yang biasa digeluti lulusan Teknik Mesin menurut Badan Kejuruan Teknik Mesin PII adalah :
1. Perminyakan dan Pertambangan
2. Kontraktor (Rekayasa dan/atau Rancang Bangun
3. Konsultan
4. Industri Petrokimia
5. Industri Pembangkit Listrik
6. Industri  manufaktur
7. Industri Baja
8. Penerbangan
9. Industri Jasa
10. Staf Pengajar
11. Dan lain-lain


bidang pekerjaan yang lagi booming saat ini :
1. Bidang Pertambangan:
- Minyak dan Gas 
- Batu Bara

2. Bidang Kontraktor:
-Rekayasa
-Rekayasa dan Rancang Bangun

3. Bidang  manufaktur
-Peralatan Industri
-Otomotif

4. Bidang Pembangkitan Listrik:
-Non BBM
Dan peluang diatas tidaklah bisa di dapat apabila lulusan Teknik Mesin tidak 
mau tahu dengan perkembangan zaman dimana ada beberapa point yang menjadi dasar
kenapa lulusan Teknik Mesin agak kalah bersaing dengan lulusan jurusan lain.
Yaitu :
1. Kurangnya bekal alias pengalaman 
2. Kurangnya pengetahuan praktis
3. Kurangnya penguasaan Bahasa Inggris
4. Kurangnya kemampuan IT / akses internet
Dan 4 point di atas menjadikan lemahnya lulusan Teknik Mesin yang baru sehingga kadang kalah cepat gagal dibandingkan lulusan lainnya. Untuk itu dharapkan untuk mahasiswa Teknik Mesin yang masih berkuliah hendaknya dapat meningkatkan kemampuannya.
Adapun untuk Perguruan Tinggi diharapkan peran serta aktif dalam meningkat kwalitas ini yaitu :
1.     Memperkuat basic knowledge lulusan perguruan tinggi.
2.     Dengan memberikan tambahan mata kuliah diluar kurikulum yang ada. Mata kuliah 
tambahan yang diberikan berupa mata kuliah praktis yang dapat dipilih oleh
 
mahasiswa sesuai dengan bidang pekerjaan yang kelak diidam-idamkan.
 
3.     Perguruan tinggi perlu mendukung unit-unit kegiatan mahasiswa yang bersifat 
keprofesian.

karena pada dasarnya mata kuliah yang diberikan selama menjalani di bangku kuliah adalah ilmu-ilmu dasar dari semua bidang pekerjaan yang ada. Cuma kadang para mahasiswa belum tahu aplikasinya saja.
Diharapkan juga peran alumni untuk dapat menyokong peningkatan kwalitas dari lulusan Teknik Mesin. 

Adapun Peran Pemerintah dan Swasta diharapkan agar kiranya :

1.     Membuka peluang lebih banyak kepada lulusan baru untuk menjadi karyawannya, karena 
tanpa harus rugi waktu untuk memberikan pelatihan sebelum bisa dijual hasil
 
kerjanya.
2.     Untuk posisi atau tingkat keprofesionalan tertentu, bisa memberikan apresiasi yang 
seimbang dengan tenaga asing yang mempunyai kualitas hasil kerja yang sama.
3.     Pemerintah bisa lebih proaktif mencari data prospek lapangan kerja yang lebih up 
to date baik di dalam maupun di luar negeri untuk kemudian diinformasikan ke
 
masyarakat secara on line melalui internet.
4.     Pemerintah bisa mendata lebih detail para ekspatriat sehingga para Insinyur lokal 
dapat mempersiapkan diri dan mengatur strategi untuk bersaing.

Gaji Dan Statistik Tenaga Kerja
Jumlah total insinyur yang bekerja di AS pada tahun 2009 adalah sekitar 1,6 juta. Dari jumlah tersebut, 239.000 adalah insinyur mekanik (14,9%), disiplin terbesar kedua dengan ukuran belakang sipil (278.000). Jumlah pekerjaan teknik mesin tahun 2009 diproyeksikan tumbuh 6% selama dekade berikutnya, dengan gaji awal rata-rata menjadi $ 58.800 dengan gelar sarjana. [23] Pendapatan tahunan rata-rata insinyur mekanik di angkatan kerja AS $ 80.580. Pendapatan rata-rata tertinggi ketika bekerja untuk pemerintah ($ 92.030), dan terendah dalam pendidikan ($ 57.090) per 2012.

Peluang Dan Tantangan Teknik Mesin
Berbicara tentang kemajuan teknologi yang berbau mesin, pada awalnya kemajuan teknologi berkembang oleh beberapa ahli mesin yang dahulu-dahulu kala yang berusaha untuk mencari metode-metode unutk meningkatkan prosduktifitas kerja  yang lebih efektif dan efisien dengan pengontrolnya manusia itu sendiri. contoh awal penemu mesin yaitu Gutenberg pada tahun 1440an iya menemukan mesin cetak pertama kali di dunia. menurut penulis yang menghasilkan pradigma baru di dunia permesinan ialah beliau. beliau merupakan inspirasi-inspirasi lain penemu-penemu lain di dunia ini setelah beliau menghasilkan suatu alat mesin konvensioanlnya.
Tantangan disini yaitu persaingan yang sangat berat,bukan karena sesama pesaing Indonesia bahkan tenaga kerja asingpun ikut bersaing,karena Era Globalisasi yang datang begitu cepat. Pada tahun 2007 tercatat kurang lebih 75.000 tenaga asing yang bekerja di Indonesia,yang terdiri dari Advisor/consultan, Profesional, Direksi, Manager, Teknisi, supervisor dan komisaris. Asumsinya dari 2-5%nya adalah Insinyur Teknik Mesin. Maka ada 1500-3750an adalah teknik mesin. Coba jika 50%nya dari posisi teknik mesin tersebut diisi oleh tenaga lokal yakni teknik mesin juga. yaitu sekitar 750-1875an diisi oleh Teknik Mesin Indonesia maka yang hilang oleh factor globalisasi.
Dan penyebab Rendahnya daya saing Indonesia rendah yaitu :
·        Kurangnya bekal pengetahuan praktis
·        Kurangnya bekal Pengetahuan bahasa Inggris
·        Kurangnya kemampuan IT/Internet

Bidang Lapangan Kerja  Teknik Mesin meliputi:
·        Perminyakan dan Pertambangan
·        Kontraktor(Rekayasa dan/atau Rancang bangunan)
·        Konsultan
·        Industri Petrokimia
·        Industri Pembangkit Listrik
·        Industri Manufaktur
·        Industri Baja
·        Penerbangan
·        Industri Jasa
·        Staf Pengajar
·        Dll


Tapi yang saat ini sedang Berprospek Cerah saat ini adalah
·        Bidang Pertambangan meliputi Minyak,Gas, dan Batu Bara.
·        Bidang Kontraktor meliputi Rekayasa dan Rancang Bangun
·        Bidang Manufaktur meliputi peralatan Industri dan Otomotif
·        Dan Bidang Pembangkit Listrik yang meliputi Non BBM

Peran Perguruan Tinggi,Industri maupun Pemerintah untuk mahasiswa agar dapat maju dan berkembang yaitu:
Memperkuat basic knowledge lulusan perguruan tinggi.
Dengan memberikan tambahan mata kuliah diluar kurikulum yang ada. Mata kuliah tambahan yang diberikan berupa mata kuliah praktis yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang pekerjaan yang kelak diidam-idamkan.
Perguruan tinggi perlu mendukung unit-unit kegiatan mahasiswa yang bersifat keprofesian.
Membuka peluang lebih banyak kepada lulusan baru untuk menjadi karyawannya, karena tanpa harus rugi waktu untuk memberikan pelatihan sebelum bisa dijual hasil kerjanya.
Untuk posisi atau tingkat keprofesionalan tertentu, bisa memberikan apresiasi yang seimbang dengan tenaga asing yang mempunyai kualitas hasil kerja yang sama.
Pemerintah bisa lebih proaktif mencari data prospek lapangan kerja yang lebih up to date baik di dalam maupun di luar negeri untuk kemudian diinformasikan ke masyarakat secara on line melalui internet.
Pemerintah bisa mendata lebih detail para ekspatriat sehingga para Insinyur lokal dapat mempersiapkan diri dan mengatur strategi untuk bersaing.
Untuk itu peluang Teknik mesin mencakup di berbagai bidang sehingga tidak begitu sulit untuk mencari posisi dimana seorang Teknik Mesin akan bekerja. Dan tantanganya hanyalah tenaga kerja asing,yang dimana tenaga asing lebih dahulu mempunyai pengetahuan praktis,bahasa asing, dan mempunyai kemampuan IT/Internet yang dikarenakan dimana tempat belajar para tenaga kerja asing mempunyai Unit-unit dan fasilitas yang memadai dibandingkan Oleh Indonesia sendiri.

Yang Dipelajari di Teknik Mesin
Mahasiswa Teknik Mesin selain harus dapat menguasai dasar dari ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), mereka juga harus memahami berbagai konsep termasuk mekanika, kinematika, termodinamika dan energi. Bidang kajian dalam Teknik Mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Selain itu, dalam Teknik Mesin juga dipelajari sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, atau puntiran.

Disiplin ilmu
Bidang teknik mesin dapat dianggap sebagai kumpulan dari banyak disiplin ilmu teknik mesin. Beberapa ini subdisiplin yang biasanya diajarkan di tingkat sarjana tercantum di bawah ini, dengan penjelasan singkat dan aplikasi yang paling umum dari masing-masing. Beberapa subdisiplin yang unik untuk teknik mesin, sementara yang lain adalah kombinasi teknik mesin dan satu atau lebih disiplin ilmu lainnya. Sebagian besar pekerjaan yang seorang insinyur mekanik tidak menggunakan keterampilan dan teknik dari beberapa subdisiplin tersebut, serta subdisiplin khusus. Subdisiplin khusus, seperti yang digunakan dalam artikel ini, lebih cenderung menjadi subyek studi pascasarjana atau pelatihan on-the-job dari penelitian sarjana. Subdisiplin khusus Beberapa dibahas dalam bagian ini
Cabang teknik mesin terdiri dari banyak subdisiplin ilmu lainnya. Beberapa subdisiplin ilmu ini diajarkan di perguruan tinggi di tingkat sarjana (S1). Beberapa dari mereka memang khusus untuk teknik mesin dan beberapa lagi merupakan gabungan dari teknik mesin dengan teknik lainnya.

Mekanika
Mekanika adalah bidang ilmu yang mempelajari gaya dan efeknya pada suatu benda. Secara khusus, mekanika digunakan untuk menganalisis dan memprediksi akselerasi dan deformasi (keduanya elastis dan plastis) dari suatu benda.
Subdisiplin dari ilmu mekanika diantaranya:
·         Statis, ilmu yang mempelajari benda diam, bagaimana suatu gaya mempengaruhi benda diam.
·         Dinamis (atau kinetis), ilmu yang mempelajari pengaruh gaya terhadap benda bergerak.
·         Mekanika material, ilmu yang mempelajari bagaimana material yang berbeda berubah bentuk terhadap berbagai macam tipe tekanan/tegangan.
·         Mekanika fluida, ilmu yang mempelajari bagaimana fluida bereaksi terhadap gaya[2]
·         Mekanika continuum, sebuah metode aplikasi mekanika yang mengasumsikan kalau suatu objek adalah berkesinambungan/terus menerus.
Para insinyur teknik mesin menggunakan ilmu mekanika pada tahap mendesain atau menganalisis. Misalnya, jika proyeknya adalah desain dari sebuah kendaraan, maka ilmu statis dapat dipakai untuk mendesain bodi kendaraan, untuk mengukur seberapa maksimum tegangan yang dapat diberikan. Ilmu dinamis dapat digunakan untuk mendesain mesin mobil, melihat gaya yang bekerja pada piston dan cam sebagai siklus sebuah mesin. Mekanika material dapat digunakan untuk memilih bahan apa yang cocok untuk bodi mobil sekaligus mesinnya. Mekanika fluida dapat digunakan untuk mendesain sistem ventilasi kendaraan (lihat HVAC), atau juga bisa untuk mendesain sistem masukan (intake) pada mesin.

Kinematika
Kinematika adalah ilmu yang mempelajai pergerakan dari suatu benda dan sistem, tanpa mempedulikan gaya yang menyebabkan pergerakan itu. Osilasi dari piston dalam mesin adalah salah satu contoh sistem kinematika sederhana.
Para insinyur teknik mesin menggunakan kinematika untuk mendesain dan menganalisis mekanisme. Kinematika dapat digunakan untuk menemukan suatu jangkauan pergerakan yang mungkin untuk suatu mekanisme yang diberikan atau kebalikannya, untuk mendesain sebuah mekanisme yang bekerja sesuai dengan jangkauan pergerakan yang diinginkan.

Mekatronika dan robotika

Mekatronika adalah cabang antarilmudisiplin yang menggabungkan teknik mesin, teknik listrik, dan rekayasa perangkat lunak. Dalam hal ini, mesinnya beroperasi secara otomatis melalui penggunaan motor elektrikservo-mekanisme, dan perangkat eletrikal lainnya dengan penggunaan software khusus. Contoh sistem mekatronika yang paling umum adalah CD-ROM drive. Sistem mekanikal membuka dan menutup drive-nya, memutar CD dan memindah-mindahkan posisi laser, dengan sistem optik membaca data yang ada di CD dan mengubahnya ke bit. Perangkat lunak terintegrasi mengontrol proses tersebut, dan menghubungkan isi dari CD ke komputer.
Robotika adalah aplikasi dari ilmu mekatronika untuk menciptakan sebuah robot, yang biasanya sudah sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas berbahaya, tidak menyenangkan, atau juga tugas yang diulang-ulang. Robot ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, semuanya sudah diprogram terlebih dahulu. Seorang insinyur biasanya akan memakai ilmu kinematika dan mekanika dalam menciptakan sebuah robot.
Robot yang digunakan secara ekstensif dalam teknik industri. Mereka memungkinkan perusahaan untuk menyimpan uang pada tenaga kerja, melakukan tugas-tugas yang terlalu berbahaya atau terlalu tepat bagi manusia untuk melakukan mereka secara ekonomi, dan untuk memastikan kualitas yang lebih baik. Banyak perusahaan mempekerjakan lini perakitan robot, terutama di Industri Otomotif dan beberapa pabrik begitu robotized bahwa mereka dapat menjalankan sendiri. Di luar pabrik, robot telah digunakan dalam pembuangan bom, eksplorasi ruang angkasa, dan banyak bidang lainnya. Robot juga dijual untuk berbagai aplikasi perumahan, dari rekreasi ke aplikasi domestik.

Analisis struktural
Analisis struktural adalah cabang teknik mesin (dan juga teknik sipil) yang ditujukan untuk meneliti mengapa dan bagaimana objek gagal dan untuk memperbaiki objek dan kinerja mereka. Kegagalan struktural terjadi dalam dua mode umum: kegagalan statis, dan kegagalan kelelahan. Kegagalan struktural statis terjadi ketika, setelah yang dimuat (memiliki gaya yang diterapkan) objek yang dianalisis baik istirahat atau cacat plastis, tergantung pada kriteria untuk kegagalan. Kegagalan fatigue terjadi ketika sebuah objek gagal setelah sejumlah siklus bongkar muat diulang. Kegagalan kelelahan terjadi karena ketidaksempurnaan dalam objek: celah mikroskopik pada permukaan benda, misalnya, akan tumbuh sedikit dengan setiap siklus (propagasi) sampai retak cukup besar untuk menyebabkan kegagalan utama.
Kegagalan tidak hanya didefinisikan sebagai ketika bagian istirahat, namun; itu didefinisikan sebagai ketika bagian tidak beroperasi sebagaimana dimaksud. Beberapa sistem, seperti bagian atas berlubang dari beberapa kantong plastik, dirancang untuk istirahat. Jika sistem ini tidak pecah, analisis kegagalan mungkin digunakan untuk menentukan penyebabnya.
Analisis struktur sering digunakan oleh insinyur mekanik setelah kegagalan telah terjadi, atau ketika merancang untuk mencegah kegagalan. Insinyur sering menggunakan dokumen online dan buku seperti yang diterbitkan oleh ASM [26] untuk membantu mereka dalam menentukan jenis kegagalan dan kemungkinan penyebab.
Analisis struktural dapat digunakan di kantor ketika merancang bagian, di lapangan untuk menganalisis bagian gagal, atau di laboratorium mana bagian mungkin menjalani tes dikendalikan kegagalan.

Termodinamika dan ilmu-panas
Termodinamika adalah ilmu yang digunakan di beberapa ilmu teknik, termasuk tenik mesin dan teknik kimia. Termodinamika mempelajari energi, penggunaannya, dan cara mengubahnya melalui sistem. Lebih spesifik, termodinamika di dalam teknik lebih mengedepankan bagaimana mengubah energi yang satu ke energi lainnya. Contohnya, mesin mobil mengubah energi kimia yang ada dalam bahan bakar menjadi energi panas, dan kemudian diubah lagi menjadi energi gerak yang akan menggerakkan roda mobil.
Prinsip-prinsip termodinamika digunakan oleh para insinyur teknik mesin di bagian transfer panastermofluida, dan konversi energi. Mereka menggunakannya untuk mendesain mesin, pembangkit listrik, panas, ventilasi, sistem HVAC, penukar panaspembuang panasradiatorkulkasinsulasi, dan lainnya.

Dinamika
          Dinamika adalah ilmu yang mempelajari gerak dengan menganalisis seluruh penyebab yang menyebabkan terjadinya gerak tersebut. Contoh dinamika adalah penghitungan jatuh sebuah benda yang memperhatikan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara. Secara umum, para peneliti yang menekuni dinamika akan mendalami bagaimana sistem fisika mengalami perubahan dan penyebab mereka berubah. Isaac Newtonmenciptakan hukum-hukum fisika yang menjadi panduan dalam fisika dinamika. Secara umum, dinamika sangat berkaitan erat dengan Hukum kedua newton tentang gerak. Namun, ketiga hukumnya tetap saling berkaitan satu sama lain.

Perpindahan Kalor
          Membahas tentang perpindahan energi berupa panas/kalor. Panas/Kalor adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah joule. Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Setiap benda memiliki energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya. Kalor dapat mengubah suhu suatu zat, misalnya saat seorang Ibu membuat minuman susu untuk anaknya, beliau mencampur air panas dengan air dingin agar susu yang dibuatnya hangat. Saat pencampuran air panas dan air dingin, maka air panas melepaskan energi panas, sedangkan air dingin menerima energi panas tersebut ( kalor yang dilepas sama dengan kalor yang diterima ).

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat akrab dengan benda atau alat-alat baik yang dapat menghantarkan panas ( konduktor ) maupun alat yang tidak dapat menghantarkan panas/kalor ( isolator ). Misalnya saat kita membuat minuman teh atau kopi. Setelah kita memasukkan gula dan kopi/teh ke dalam gelas, kemudian menuangkan air panas ke dalam gelas tersebut, dan mengaduknya menggunakan sendok logam, maka tangan kita terasa panas/hangat. Mengapa tangan kita terasa panas ? tenunya Anda sudah tahu jawabannya.

1. Pengertian Perpindahan Kalor secara Konduksi beserta Contohnya

          Konduksi adalah perpindahan kalor/panas melalui perantara, di mana zat perantaranya tidak ikut berpindah. Dalam arti lain, konduksi/hantaran yaitu perpindahan kalor pada suatu zat tanpa disertai dengan perpindahan partikel-partikelnya.

Contoh Perpindahan Panas secara Konduksi :
§  Ujung logam akan terasa panas jika ujung yang lain dipanaskan, misalnya saat kita mengaduk adonan gula, air panas, dan kopi dengan menggunakan sendok logam; saat kita memegang kawat logam kembang api yang sedang menyala
§  Knalpot akan panas ketika mesin motor dihidupkan
§  Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang tengah dipanaskan
§  Tutup panci terasa panas saat panci digunakan untuk memasak
§  Air akan mendidih ketika dipanaskan menggunakan panci logam dan sejenisnya

2. Pengertian Perpindahan Kalor secara Konveksi beserta Contohnya

          Konveksi  adalah
 perpindahan panas melalui aliran, di mana zat perantaranya ikut berpindah. Jika partikel berpindah dan mengakibatkan kalor merambat, maka terjadilah konveksi. Konveksi terjadi pada zat cair dan gas ( udara/angin ).


Contoh Perpindahan Panas secara Konveksi:
§  Gerakan naik turunnya air yang sedang mendidih saat direbus
§  Gerakan naik turunnya kacang hijau, beras, kedelai saat direbus
§  Terjadinya angin darat dan laut
§  Gerakan balon udara
§  Asap pada cerobong asap bergerak naik

3. Pengertian Perpindahan Kalor secara Radiasi beserta Contohnya

          Radiasi adalah perpindahan panas tanpa zat perantara. Biasanya disertai cahaya

Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi :
§   Tubuh terasa hangat ketika dekat dengan api atau jenis panas lainnya. Misalkan saat tangan kita didekatkan pada kompor gas yang sedang menyala, hangatnya tubuh ketika dekat dengan api unggun
§  Panas matahari sampai ke bumi meski melewati ruang hampa
§  Menjemur pakaian memanfaatkan perpindahan panas secara radiasi
§  Menetaskan telur ayam/bebek dengan lampu
§  Menjemur pakaian saat siang hari

Teknik Material
          Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya. Termasuk ke dalam ilmu ini adalah unsur fisika terapan, teknik kimia, mesin, sipil dan listrik. Ilmu material juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisis, kalorimetri, mikroskopi optikdan elektron, dan lain-lain), serta analisis biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.
Perkembangan terakhir, ilmu tentang bahan ini mendapat sumbangan yang besar dari majunya bidang nanoteknologi dan mulai diajarkan secara luas di banyak universitas.


Mesin konversi energi/Teknologi energi
Konversi energi adalah teknologi yang terkait dengan bidang-bidang mulai dari sumber, pembangkitan, penyimpanan, konversi energi dan pemanfaatannya untuk kebutuhan manusia. Sektor kebutuhan utama yang paling besar dalam jumlah untuk masa mendatang adalah sektor kelistrikan dan sektor transportasi.
Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Dalam pembangkitan energi beberapa sistem pembangkitan yang telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi di dunia, seperti:
·         pembangkit listrik tenaga air (PLTA),
·         pembangkit listrik tenaga surya (PLTS),
·         pembangkit listrik tenaga uap dan gas (PLTU,PLTG),
·         pembangkit listrik panas bumi (PLTP),
·         pembangkit listrik tenaga angin/bayu (PLTB),
·         pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), dan
·         pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

Teknik Pendingin
Mesin konversi energi  adalah membahas siklus-siklus yang digunakan untuk menghasilkan kerja

contohnya :
Sistem pendinginan dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin diubah menjadi tenaga gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang diubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan, keselamatan serta ramah lingkungan.
Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.
Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.

Mekanika fluida
          Mekanika Fluida adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari mengenai zat fluida (cair, gas dan plasma) dan gaya yang bekerja padanya. Mekanika fluida dapat dibagi menjadi statika fluida, ilmu yang mempelajari keadaan fluida saat diam;kinematika fluida, ilmu yang mempelajari fluida yang bergerak; dan dinamika fluida, ilmu yang mempelajari efek gaya pada fluida yang bergerak. Ini adalah cabang dari mekanika kontinum, sebuah subjek yang memodelkan materi tanpa memperhatikan informasi mengenai atom penyusun dari materi tersebut sehingga hal ini lebih berdasarkan pada sudut pandang makroskopik daripada sudut pandang mikroskopik. Mekanika fluida, terutama dinamika fluida, adalah bidang penelitian utama dengan banyak hal yang belum terselesaikan atau hanya sebagian yang terselesaikan. Mekanika fluida dapat menjadi sangat rumit secara matematika, dan sangat tepat untuk diselesaikan dengan metode numerik, biasanya dengan menggunakan perhitungan komputer. Dinamika Fluida Komputasi, adalah salah satu disiplin yang dikhususkan untuk penyelesaian masalah mekanika fluida dengan pendekatan numerik.



Asumsi Dasar
Seperti halnya model matematika pada umumnya, mekanika fluida membuat beberapa asumsi dasar berkaitan dengan studi yang dilakukan. Asumsi-asumsi ini kemudian diterjemahkan ke dalam persamaan-persamaan matematis yang harus dipenuhi bila asumsi-asumsi yang telah dibuat berlaku.
Mekanika fluida mengasumsikan bahwa semua fluida mengikuti:
·         Hukum kekekalan massa
·         Hukum kekekalan momentum
·         Hipotesis kontinum, yang dijelaskan di bagian selanjutnya.
Kadang, akan lebih bermanfaat (dan realistis) bila diasumsikan suatu fluida bersifat inkompresibel. Maksudnya adalah densitas dari fluida tidak berubah ketika diberi tekanan. Cairan kadang-kadang dapat dimodelkan sebagai fluida inkompresibel sementara semua gas tidak bisa.
Selain itu, kadang-kadang viskositas dari suatu fluida dapat diasumsikan bernilai nol (fluida tidak viskos). Terkadang gas juga dapat diasumsikan bersifat tidak viskos. Jika suatu fluida bersifat viskos dan alirannya ditampung dalam suatu cara (seperti dalam pipa), maka aliran pada batas sistemnya mempunyai kecepatan nol. Untuk fluida yang viskos, jika batas sistemnya tidak berpori, maka gaya geser antara fluida dengan batas sistem akan memberikan resultan kecepatan nol pada batas fluida.

 

 

 

Hipotesis kontinum

Fluida disusun oleh molekul-molekul yang bertabrakan satu sama lain. Namun, asumsi kontinum menganggap fluida bersifat kontinu. Dengan kata lain, properti seperti densitas,tekanan, temperatur, dan kecepatan dianggap terdefinisi pada titik-titik yang sangat kecil yang mendefinisikan REV (‘’Reference Element of Volume’’) pada orde geometris jarak antara molekul-molekul yang berlawanan di fluida. Properti tiap titik diasumsikan berbeda dan dirata-ratakan dalam REV. Dengan cara ini, kenyataan bahwa fluida terdiri dari molekul diskrit diabaikan.
Hipotesis kontinum pada dasarnya hanyalah pendekatan. Sebagai akibatnya, asumsi hipotesis kontinum dapat memberikan hasil dengan tingkat akurasi yang tidak diinginkan. Namun, bila kondisi benar, hipotesis kontinum menghasilkan hasil yang sangat akurat.
Masalah akurasi ini biasa dipecahkan menggunakan mekanika statistik. Untuk menentukan perlu menggunakan dinamika fluida konvensial atau mekanika statistik, angka Knudsen permasalahan harus dievaluasi. Angka Knudsen didefinisikan sebagai rasio dari rata-rata panjang jalur bebas molekular terhadap suatu skala panjang fisik representatif tertentu. Skala panjang ini dapat berupa radius suatu benda dalam suatu fluida. Secara sederhana, angka Knudsen adalah berapa kali panjang diameter suatu partikel akan bergerak sebelum menabrak partikel lain.

Persamaan Navier-Stokes
 (dinamakan dari Claude-Louis Navier dan George Gabriel Stokes) adalah serangkaian persamaan yang menjelaskan pergerakan dari suatu fluidaseperti cairan dan gas. Persamaan-persamaan ini menyatakan bahwa perubahan dalam momentum (percepatan) partikel-partikel fluida bergantung hanya kepada gaya viskos internal (mirip dengan gaya friksi) dan gaya viskos tekanan eksternal yang bekerja pada fluida. Oleh karena itu, persamaan Navier-Stokes menjelaskan kesetimbangan gaya-gaya yang bekerja pada fluida.
Persamaan Navier-Stokes memiliki bentuk persamaan diferensial yang menerangkan pergerakan dari suatu fluida. Persaman seperti ini menggambarkan hubungan laju perubahan suatu variabel terhadap variabel lain. Sebagai contoh, persamaan Navier-Stokes untuk suatu fluida ideal dengan viskositas bernilai nol akan menghasilkan hubungan yang proposional antara percepatan (laju perubahan kecepatan) dan derivatif tekanan internal.
Untuk mendapatkan hasil dari suatu permasalahan fisika menggunakan persamaan Navier-Stokes, perlu digunakan ilmu kalkulus. Secara praktis, hanya kasus-kasus aliran sederhana yang dapat dipecahkan dengan cara ini. Kasus-kasus ini biasanya melibatkan aliran non-turbulen dan tunak (aliran yang tidak berubah terhadap waktu) yang memiliki nilai bilangan Reynold kecil.
Untuk kasus-kasus yang kompleks, seperti sistem udara global seperti El Niño atau daya angkat udara pada sayap, penyelesaian persamaan Navier-Stokes hingga saat ini hanya mampu diperoleh dengan bantuan komputer. Kasus-kasus mekanika fluida yang membutuhkan penyelesaian berbantuan komputer dipelajari dalam bidang ilmu tersendiri yaitu mekanika fluida komputasional

Aerodinamika
          Aerodinamika adalah salah satu cabang dinamika yang berkenaan dengan kajian pergerakan udara, khususnya ketika udara tersebut berinteraksi dengan benda padat. Aerodinamika adalah cabang dari dinamika fluida dandinamika gas, dengan banyak teori yang saling berbagi pakai di antara mereka. Aerodinamika seringkali digunakan secara sinonim dengan dinamika gas, dengan perbedaan bahwa dinamika gas berlaku bagi semua gas.
          Aerodinamika (ilmu gaya gerak) berasal dari bahasa Yunani yaitu air = udara dan dynamic = gaya gerak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aerodinamika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bergeraknya suatu benda di dalam udara. Ilmu gaya udara merupakan lanjutan dari ilmu yang lebih tua yaitu ilmu gaya gerak air atau hidrodinamika dan ilmu gaya gerak udara ini erat hubungannya dengan beberapa ilmu yang lainnya yaitu ilmu alam (fisika), ilmu pasti (matematika), ilmu gaya (mekanika), dan ilmu cuaca (meteorogia) yang memberikan keterangan- keterangan azasi tentang udara yang diam khususnya tentang perubahan- perubahan yang dialami udara jika ketinggian bertambah.
Pada tahun 1810 Sir George Canley berpendapat bahwa udara dipaksa meniup berlawanan dengan arah gerak dari sayap dalam udara atau fluida tersebut. Kemudian pada tahun 1871 Pranoim Wenham merencanakan airfoil yang melengkung seperti bentuk dari sayap burung. Juga pada tahun ini Wenham yang pertama-tama membuat terowongan angina yang digerakkan dengan tenaga uap. Penyelidikan airfoil ini dilanjutkan oleh Wreight bersaudara dengan mengadakan percobaan-percobaan kurang lebih 150 buah air foil disamping melengkapi alat-alat kemudi untuk mengemudikan pesawat yang sedang terbang.dalam penyelidikan Iaanc Newton telah menemukan gaya-gaya udara yang melalui benda yang bergerak yaitu gaya angkat (lift dan hambatan/drag). Pada tahun 1902-1907 N Wilhelm Kutti (jerman), N.E. Janhowaki (rusia), Frederiek W. Launohoster (Inggris) menemukan teori bagaimana terjadinya gaya angkat (lift) pada airfoil.
Dengan penemuan-penemuan pada tahun-tahun di atas jelaslah bahwa aerodinamika merupakan ilmu yang masih baru, dan bukanlah suatu pengetahuan yang abstrak seperti ilmu pasti dan mekanik karena hingga kini penyelidikan-penyelidikan masih terus dilakukan.
Aerodinamika sebenarnya tidak lain dari pada suatu yang mempelajari atau menyelidiki sifat-sifat udara,reaksi-reaksi dan akibat-akibat yang timbul dari gerakan udara terhadap benda yang dilalui oleh udara atau gerakan benda-benda di dalam udara tersebut. Jadi aerodinamika berarti pula pengetahuan atau penyelidikan mengenai gerakan-gerakan benda di dalam udara dimana pengertian ini sangat erat hubungannya denganilmu penerbangan.
Adapun factor-faktor yang mempengaruhi Aerodinamika:
·         Temperature (suhu udara)
·         Tekanan udara
·         Kecepatan udara
·         Kerapatan / kepadatan udara
Untuk mempelajari ilmu aerodinamika, ada beberapa hukum diantaramya
          Pemahaman akan pergerakan udara (seringkali disebut "medan aliran") di sekitar suatu benda membolehkan perhitungan gaya-gaya dan momen-momen yang bertindak pada benda tersebut. Sifat-sifat sejenis yang dihitung untuk suatu medan aliran meliputi kecepatan, tekanan, kerapatan, dan temperatur sebagai fungsi posisi ruang dan waktu. Aerodinamika membolehkan definisi dan solusi persamaan untuk kekekalan massa, momentum, dan energi di dalam udara. Penggunaan aerodinamika melalui analisismatematika, hampiran empirik, percobaan lorong angin, dan simulasi komputer membentuk landasan ilmiah bagi pesawat terbang dan sejumlah teknologi lainnya.
Persoalan-persoalan aerodinamik dapat dikelompokkan menurut lingkungan alirannya. Aerodinamika eksternal adalah kajian aliran di sekitar benda-benda padat dengan bentuk yang berbeda-beda. Pengevaluasian gaya angkat dan gaya hambat pada sebuah pesawat terbang bersayap diam atau gelombang kejut yang terbentuk di depan moncong roketmerupakan contoh-contoh aerodinamika eksternal. Aerodinamika internal adalah kajian aliran melalui bagian-memanjang di dalam benda padat. Misalnya, aerodinamika internal mencakup kajian aliran udara melalui enjin jet atau melalui pipa penyaman udara.
Pemahaman akan pergerakan udara (seringkali disebut "medan aliran") di sekitar suatu benda membolehkan perhitungan gaya-gaya dan momen-momen yang bertindak pada benda tersebut. Sifat-sifat sejenis yang dihitung untuk suatu medan aliran meliputi kecepatan, tekanan, kerapatan, dan temperatur sebagai fungsi posisi ruang dan waktu. Aerodinamika membolehkan definisi dan solusi persamaan untuk kekekalan massa, momentum, dan energi di dalam udara. Penggunaan aerodinamika melalui analisismatematika, hampiran empirik, percobaan lorong angin, dan simulasi komputer membentuk landasan ilmiah bagi pesawat terbang dan sejumlah teknologi lainnya.
Persoalan-persoalan aerodinamik dapat dikelompokkan menurut lingkungan alirannya. Aerodinamika eksternal adalah kajian aliran di sekitar benda-benda padat dengan bentuk yang berbeda-beda. Pengevaluasian gaya angkat dan gaya hambat pada sebuah pesawat terbang bersayap diam atau gelombang kejut yang terbentuk di depan moncong roketmerupakan contoh-contoh aerodinamika eksternal. Aerodinamika internal adalah kajian aliran melalui bagian di dalam benda padat. Misalnya, aerodinamika internal mencakup kajian aliran udara melalui enjin jet atau melalui pipa penyaman udara.
Persoalan-persoalan aerodinamik dapat juga dikelompokkan menurut perbandingannya terhadap laju suara, yaitu laju aliran di bawah, di sekitar, atau di atas laju suara. Suatu persoalan disebut subsonik jika semua laju dalam persoalan tersebut lebih kecil daripada laju suara, transonik jika laju di atas dan di bawah laju suara kedua-duanya hadir (biasanya ketika laju karakteristik hampir menyamai laju suara), supersonik ketika laju aliran karakteristik lebih besar daripada laju suara, dan hipersonik ketika laju aliran sangat-lebih-besar daripada laju suara. Para aerodinamikawan tidak sepakat dalam hal ketepatan definisi aliran hipersonik; bilangan Mach minimum untuk aliran hipersonik berada pada kisaran 3 sampai 12.
Pengaruh viskositas dalam aliran memberikan klasifikasi ketiga. Beberapa persoalan mungkin hanya akan menghadapi efek viskos sangat kecil pada solusinya, di mana kasus viskositas dianggap dapat diabaikan. Hampiran terhadap persoalan-persoalan ini disebut aliran invisid. Aliran di mana viskositas tidak dapat diabaikan disebut aliran viskos.

Pentingnya Aerodinamika : Contoh contoh Historis

Jika kita melihat sejarah, bisa dikatakan ada tiga periode sejarah berkenaan dengan perkembangan aerodinamika ini, periode pertama dimulai dari aerodinamika pada kapal tahun 1588, dimana ketika itu kapal dari spanyol memiliki ukuran yang besar dan memiliki massa yang besar, sebaliknya kapal kapal inggris memiliki ukuran yang kecil dan memiliki massa yang kecil juga. Pada periode kedua di tahun 1901 Wilbur dan Orville wright mendisain glider yang desain aerofoil sayapnya berdasarkan data data aerodinamika yang diterbitkan pada tahun 1890 oleh Otto Lilienthal dan Samuel Pierpont Langley, sayangnya desain tersebut tidak membuahkan hasil alias gagal, di tahun yang sama yaitu 1901 wright merancang sebuah wind tunnel yang memiliki panjang 6 feet dan luas penampang 16 inchi persegi kemudian lebih dari 200 bentuk aerofoil dan sayap yang berbeda diuji atau dites dalam wind tunnel tersebut akhirnya diperoleh data data aerodinamika. Berdasarkan data data tersebut wright mendesain kembali glidernya yang baru pada tahun 1902, aerofoilnya lebih efisien dan membuahkan hasil. Sejak saat itu terjadi perkembangan yang amat pesat di dunia penerbangan terutama dari segi aerodinamikanya. Perioda selanjutnya yaitu perioda ketiga mengenai perkembangan roket dan penerbangan ruang angkasa, penerbangan high speed atau supersonik menjadi pembicaraan yang hangat dalam aerodinamika setelah perang dunia kedua, saat itu aerodinamika sudah tidak dipandang sebelah mata lagi dalam artian sudah dihargai dalam membuat berbagai bentuk benda agar benda tersebut memiliki drag yang kecil. Di tahun 1953 bom hidrogen diledakkan oleh amerika lalu dikembangkanlah ICBMs (Intercontinental Balistic Missile), ICBMs tersebut didesain untuk bisa melewati luar atmosfer yang memiliki kecepatan 20.000 sampai dengan 22.000 ft/s, karena kecepatan tersebut maka timbullah masalah baru dalam aerodinamika yaitu temperatur. Agar panas yang ditimbulkan seminimal mungkin, kita harus membuat alirannya laminer karena aliran yang laminer akan sedikit menimbulkan panas jika dibandingkan dengan aliran yang turbulen. Permasalah heat aerodinamic ditanggulangi oleh H Julian Allen, dia memperkenalka n konsep blunt reentry body. Pada saat memasuki atmosfer vehicles memiliki energi kinetik yang besar sebab kecepatannya sangat tinggi begitu pula dengan energi potensialnya karena ketinggiannya bertambah menjadi lebih tinggi dibandingkan ketika pada saat di permukaan bumi, pada saat sampai dipermukaan bumi vehicles memiliki energi kinetik yang cenderung kecil dan energi potensialnya nol, energinya hilang dan berubah menjadi panas pada badan/body dan panas udara disekitar body. Shock wave dan hidung pesawat membuat panas aliran udara disekeliling pesawat pada saat yang sama badan pesawat mengalami gesekan yang hebat antara boundary layer dengan permukaan sehingga menimbulkan panas. Allen berpendapat jika energi masuk atmosfer yang besar itu bisa dibuang dalam aliran udara maka panas sisa yang tidak begitu besar ini bisa diserap oleh pesawat itu sendiri, sedangkan cara untuk membuat yang panas adalah udara disekeliling pesawat yaitu dengan membuat shockwave yang kuat, misalnya dengan ujung yang tumpul, sehingga shock wave dapat membuat panas udara disekeliling pesawat.

Hidrodinamika
                Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Skala atau lingkup analisis ilmu ini adalah pada gerak partikelir air atau dapat disebut dalam skala makroskopik. Skala makroskopik disini memiliki maksud air tersusun dari partikel-partikel fluida. Mengapa makroskopik karena partikel fluida bukan skala terkecil air yakni atom. Lebih penting lagi bidang ini merupakan aplikasi matematik bukan fisika. Karena berhubungan dengan perlakuan matematik dari persamaan-persamaan dasar fluida kontinyu berbasis hukum-hukum newton. Jadi objek yang dijadikan bahan analisa merupakan fluida newton (Anonim, 2012).
Hidrodinamika adalah ilmu yang mengkaji tentang zat cair yang bergerak. Persamaan Bernoulli merumuskan hubungan antara tekanan, kecepatan dan tinggi tempat suatu arus yang bergerak (mengalir).
Manufaktur

          Manufaktur
 adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi, namun demikian istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, dimana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala yang besar.
Manufaktur ada dalam segala bidang sistim ekonomi. Dalam ekonomi pasar bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara masal untuk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.
Beberapa industri seperti semikonduktor dan baja lebih sering menggunakan istilah fabrikasi dibandingkan manufaktur.
Sektor manufaktur sangat erat terkait dengan rekayasa atau teknik.

Mekatronika
          Mekatronika (Jerman: Mechatronik; Inggris: Mechatronic) berasal dari kata mekanika, elektronika dan informatika.Bagan mekatronika diagram sedehana pembentukan ilmu mekatronika. Terdiri atas dua lapisan fisika dan logika. dan tiga dasar ilmu utama elektronika, informatika dan mekanika..
Dengan melihat asal katanya dapat dengan mudah dipahami, bahwa ilmu ini menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika
Istilah Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic Engineering) pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 oleh perusahaan jepang Yaskawa Electric Cooperation. Awalnya berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian. Misalnya pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Lalu ditambahkan setelah munculnya Informatik sebagai disiplin ilmu baru.
          Hingga saat ini dipandang sebagai hubungan antara ilmu Mekanik, Elektronik dan Informatik. Dalam masa yang akan datang, aplikasi mekatronika akan digunakan hampir disemua bidang, seperti Otomotif, Pemutar CD, Stasiun luar angkasa atau pada fasilitas produksi.
          Mekatronika dikategorikan oleh Majalah Technology Review pada tahun 2003 sebagai 10 Teknologi yang dalam waktu dekat dapat mengubah hidup kita!
          Begitu banyaknya penggunaan sistem mekatronika dalam kehidupan kita memperkuat salah satu sifatnya yang multiguna (aplikatif)

Teknik Otomotif
Sebagai contoh sistem mekatronik pada kendaraan bermotor adalah sistem rem ABS ( Anti-lock Breaking system) atau sistem pengereman yang menghindari terkuncinya roda sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dalam pengereman mendadak, ESP ( Elektronik Stability Programm), ABC ( Active Body Control) dan Motor-Managemen-System.

Teknologi Penerbangan
          Dalam teknologi penerbangan modern digunakan Comfort-In-Turbulence System sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penumpang walau ketika terjadi turbulensi. Gust Load Alleviation serta banyak contoh lainnya.

Teknik Produksi
          Contoh dalam teknik produksi adalah penggunaan sensor pada robot. Sistem kendali umpan balik pada elektromotor berkecepatan rotasi tinggi dengan ‘pemegang as’ tenaga magnet.
Serta pemutar CD, Harddisk serta mesin pencetak berkecepatan tinggi, atau alat-alat elektronika yang biasa kita gunakan sehari-hari aplikasi mekatronika akan sangat sering kita jumpai.


Design Dan Perancangan
Drafting atau gambar teknik adalah sarana yang insinyur mekanik produk desain dan membuat instruksi untuk bagian manufaktur. Sebuah gambar teknis dapat menjadi skematis model komputer atau digambar tangan menunjukkan semua dimensi yang diperlukan untuk memproduksi bagian, serta catatan perakitan, daftar bahan yang dibutuhkan, dan informasi terkait lainnya. Sebuah US insinyur mekanik atau pekerja terampil yang menciptakan gambar teknis dapat disebut sebagai drafter atau juru. Drafting secara historis proses dua-dimensi, tapi desain dibantu komputer (CAD) program sekarang memungkinkan desainer untuk membuat dalam tiga dimensi.

Instruksi untuk pembuatan bagian harus diumpankan ke mesin yang diperlukan, baik secara manual, melalui instruksi diprogram, atau melalui penggunaan manufaktur dibantu komputer (CAM) atau gabungan Program CAD / CAM. Opsional, seorang insinyur mungkin juga secara manual memproduksi bagian menggunakan gambar teknis, tapi ini menjadi langka meningkat, dengan munculnya komputer dikontrol secara numerik (CNC) manufaktur. Insinyur terutama manual memproduksi bagian di bidang pelapis diterapkan semprot, selesai, dan proses lainnya yang tidak dapat ekonomis atau praktis dilakukan oleh mesin.

Drafting digunakan di hampir setiap subdiscipline teknik mesin, dan oleh banyak cabang lain dari rekayasa dan arsitektur. Model tiga dimensi dibuat dengan menggunakan software CAD juga sering digunakan dalam analisis elemen hingga (FEA) dan komputasi dinamika fluida (CFD).

Perkembangan Dari Penelitian
Insinyur mekanik terus mendorong batas-batas apa yang mungkin secara fisik untuk menghasilkan yang lebih aman, lebih murah, dan mesin dan sistem mekanik yang lebih efisien. Beberapa teknologi di tepi pemotongan teknik mesin tercantum di bawah ini (lihat juga rekayasa eksplorasi).

Nah berikut ini akan saya berikan pengertian dari beberapa bidang dari teknik mesin :
1. Analisis struktur : membahas tentang kemampuan suatu struktur/konstruksi dalam menahan beban.
2. Kinematika : membahas tentang analisis gerak tanpa memperhitungkan gaya penyebabnya.
3. Dinamika : membahas tentang analisis gerak dengan memperhitungkan gaya penyebabnya.
4. Termodinamika : membahas tentang energi dan perubahannya.
5. Perpindahan kalor : membahas tentang perpindahan energi berupa panas/kalor.
6. Teknik Material : membahas sifat material dan proses pembuatannya
7. Mesin konversi energi : membahas siklus-siklus yang digunakan untuk menghasilkan kerja
8. Teknik pendingin : membahas sistem yang digunakan untuk mendinginkan zat serta sistem pengkondisi udara
9. Mekanika fluida : membahas analisis fluda dalam keadaan statis (diam) maupun dinamis (bergerak)
10. Aerodinamika : bagian dari mekanika fluida yang mambahas aliran gas di seputar benda padat.
11. Hidrodinamika : bagian dari mekanika fluida yang membahas aliran zat cair di seputar benda padat.
12. Metrologi : membahas tentang metode dan alat ukut geometri (bentuk)
13. Otomasi industri : membahas alat dan metode otomatis yang digunakan di industri
14. Mekatronika : membahas tentang sistem kendali mekanik menggunakan komputer
15. Manufaktur : adalah bidang ilmu rekayasa yang mempelajari proses pembuatan produk, mulai dari proses perancangan, proses produksi hingga proses kontrol kualitas.

Dan untuk lebih lengkap lagi, berikut ilmu-ilmu yang diterapkan pada teknik mesin :
·         Fisika
·         Kalkulus
·         Kimia Dasar
·         Gambar Mesin
·         Prinsip Rekayasa & Ilmu
·         Kealamiahan Dasar
·         Material Teknik
·         Aljabar Linier
·         Teknologi Informasi
·         Statistika Struktur
·         Matematika Teknik
·         Kinematika & Dinamika
·         Elemen Mesin
·         Mekanika Kekuatan Bahan
·         Getaran Mekanis
·         Struktur & Sifat Material
·         Termodinamika
·         Mekanika Fluida
·         Metrologi Industri & Kontrol Kualitas
·         Proses Produksi
·         Mesin-Mesin Listrik
·         Ekonomi Teknik
·         Elemen Mesin
·         Mekanika Fluida
·         Mesin Fluida & Perpindahan
·         Perpindahan Panas
·         Teknik Pengaturan
·         Manajemen Perawatan &Kehandalan
·         Penulisan Teknik & Presentasi
·         Teknik Pembentukan Logam
·         Perpindahan Panas
·         Teknik Pengukuran
·         Perancangan Produk
·         CAD/CAM 2
·         Motor Bakar Torak
·         Mekatronika
·         Refrigerasi & Pengkondisian Udara
Pengenalan Ilmu Bahan (Teknik Mesin)
Sebelum kita belajar ilmu Bahan ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa definisi tentang ilmu bahan,ilmu bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya.

Bahan  atau  material merupakan kebutuhan bagi manusia mulai zaman dahulu sampai sekarang. Kehidupan manusia selalu berhubungan dengan kebutuhan bahan seperti pada transportasi, rumah, pakaian, komunikasi, rekreasi, produk makanan dan sebagainya. Perkembangan peradaban manusia juga bisa diukur dari kemampuannya memproduksi dan mengolah bahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (jaman batu, perunggu dsb). Pada tahap awal manusia hanya mampu mengolah bahan apa adanya seperti yang tersedia dialam misalnya : batu, kayu, kulit, tanah dan  sebagainya. Dengan perkembangan peradaban manusia bahan-bahan alam tersebut  bisa diolah sehingga bisa menghasilkan kualitas bahan yang lebih tinggi.

Pada 50 tahun terakhir  para saintis menemukan hubungan sifat-sifat bahan dengan
elemen struktur bahan. Sehingga bisa diciptakan puluhan ribu jenis bahan yang mempunyai
sifat-sifat yang berbeda. 

Struktur bahan : pengaturan/susunan elemen–elemen di dalam bahan.
Tinjauan struktur bahan dibedakan atas :
1.       Struktur subatonik : ditinjau dari susunan elektron dengan inti
2.       Level atom : ditinjau dari pengaturan atom atau molekul satu sama lain
3.       Mikroskopik : ditinjau dari kumpulan group–group atom
4.       Makroskopik : ditinjau dari struktur yang bisa dilihat dengan mata telanjang.
Sifat bahan : dilihat dari kemampuan bahan menerima perlakuan dari luar. Sifat –sifat
bahan padat bisa di kelompokkan atas 6 kategori :
•        sifat mekanik
•        sifat listrik
•        sifat termal / panas
•        sifat magnet
•        sifat optik
•        sifat deterioratif (penurunan kualitas).

Alat-Alat Modern Di Teknik Mesin
Banyak perusahaan teknik mesin, terutama di negara-negara industri, telah mulai menggabungkan teknik komputer-dibantu (CAE) program ke dalam desain dan analisis proses yang ada, termasuk 2D dan 3D modeling solid desain dibantu komputer (CAD). Metode ini memiliki banyak manfaat, termasuk lebih mudah dan lebih lengkap visualisasi produk, kemampuan untuk membuat majelis virtual bagian, dan kemudahan penggunaan dalam merancang antarmuka dihubungkan dan toleransi.

Program CAE lain yang umum digunakan oleh insinyur mekanik meliputi manajemen siklus hidup produk (PLM) alat dan alat analisis yang digunakan untuk melakukan simulasi kompleks. Alat analisis dapat digunakan untuk memprediksi respon produk untuk beban yang diharapkan, termasuk umur kelelahan dan manufakturabilitas. Alat-alat ini meliputi analisis elemen hingga (FEA), komputasi dinamika fluida (CFD), dan manufaktur komputer dibantu (CAM).

Menggunakan program CAE, tim desain mekanik cepat dan murah dapat iterate proses desain untuk mengembangkan produk yang lebih baik memenuhi biaya, kinerja, dan kendala lainnya. Tidak ada prototipe fisik perlu dibuat sampai desain hampir selesai, sehingga ratusan atau ribuan desain untuk dievaluasi, bukannya relatif sedikit. Selain itu, program analisis CAE dapat model fenomena fisik rumit yang tidak bisa diselesaikan dengan tangan, seperti viscoelasticity, kontak kompleks antara bagian kawin, atau arus non-Newtonian.

Seperti teknik mesin mulai bergabung dengan disiplin lain, seperti yang terlihat di mekatronik, optimasi desain multidisiplin (MDO) yang digunakan dengan program lain CAE untuk mengotomatisasi dan meningkatkan proses desain iteratif. Alat MDO membungkus proses CAE yang ada, memungkinkan evaluasi produk untuk terus bahkan setelah analis pulang untuk hari. Mereka juga memanfaatkan algoritma optimasi canggih untuk lebih cerdas mengeksplorasi kemungkinan desain, sering menemukan yang lebih baik, solusi inovatif untuk masalah desain multidisiplin sulit.

Beberapa mesin umum yang di gunakan ketika kuliah di jurusan Teknik Mesin
Mesin Cnc
Awal lahirnya mesin CNC (Computer Numerically Controlled) bermula dari 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Semula proyek tersebut diperuntukkan untuk membuat benda kerja khusus yang rumit. Semula perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Pada tahun 1973, mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor, sehingga volume unit pengendali dapat lebih ringkas.
Dewasa ini penggunaan mesin CNC hampir terdapat di segala bidang. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak.
Jenis Mesin CNC
Di industri menengah dan besar, akan banyak dijumpai penggunaan mesin CNC dalam mendukung proses produksi. Secara garis besar, mesin CNC dibagi dalam 2 (dua) macam, yaitu :
Mesin bubut CNC dan Mesin frais CNC


Cara Mengoparasikan Mesin CNC
Secara umum, cara mengoperasikan mesin CNC dengan cara memasukkan perintah numeric melalaui tombol-tombol yang tersedia pada panel instrument di tiap-tiap mesin. Setiap jenis mesin CNC mempunyai karakteristik tersendiri sesuai dengan pabrik yang membuat mesin tersebut. Namun demikian secara garis besar dari karakteristik cara mengoperasikan mesin CNC dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :

Sistem Absolut
Pada sistem ini titik awal penempatan alat potong yang digunakan sebagai acuan adalah menetapkan titik referensi yang berlaku tetap selama proses operasi mesin berlangsung. Untuk mesin bubut, titik referensinya diletakkan pada sumbu (pusat) benda kerja yang akan dikerjakan pada bagian ujung. Sedangkan pada mesin frais, titik referensinya diletakkan pada pertemuan antara dua sisi pada benda kerja yang akan dikerjakan.

Sistem Incremental
Pada system ini titik awal penempatan yang digunakan sebagai acuan adalah selalu berpindah sesuai dengan titik actual yang dinyatakan terakhir. Untuk mesin bubut maupun mesin frais diberlakukan cara yang sama. Setiap kali suatu gerakan pada proses pengerjaan benda kerja berakhir, maka titik akhir dari gerakan alat potong itu dianggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap berikutnya.
Sejalan dengan berkembangnya kebutuhan akan berbagai produk industri yang beragam dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, maka telah dikembangkan berbagai variasi dari mesin CNC. Hal ini dimaksud untuk memenuhi kebutuhan jenis pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Berikut ini diperlihatkan berbagai variasi mesin CNC.

PC untuk Mesin CNC
PC (Personal Computer) sebagai perangkat input bagi mesin CNC sangat penting peranannya untuk memperoleh kinerja mesin CNC. Oleh karena itu setiap pabrik yang memproduksi mesin CNC juga memproduksi atau merekomendasi spesifikasi PC yang digunakan sebagai input bagi mesin CNC produksinya.
Pada mesin CNC untuk keperluan unit latih (Training Unit) atau dengan operasi sederhana, baik tampilan pada monitor maupun eksekusi program, maka PC yang dipergunakan sebagaimana pada mesin CNC jenis LOLA 200 MINI CNC, LEMU IITM, EMCO TU, maupun yang sejenis.
Perkembangan jenis pekerjaan yang menggunakan peranan mesin CNC sejalan dengan kebutuhan teknologi manufaktur semakin meningkat. Oleh karena itu dikembangkan pula perangkat PC yang dapat melayani mesin CNC dengan kinerja yang mampu mengatasi beberapa faktor kesulitan yang dijumpai pada proses manufaktur. Gambar 8 memperlihatkan tampilan monitor mesin CNC jenis E·IPC700-ECKELMANN, DNC NT-2000, WinPromateII – Baronics, Mirac PC, CamSoft, ProMotion® iCNC, maupun yang sejeni
Kode Standar Mesin CNC
Mesin CNC hanya dapat membaca kode standar yang telah disepakati oleh industri yang membuat mesin CNC. Dengan kode standar tersebut, pabrik mesin CNC dapat menggunakan PC sebagai input yang diproduksi sendiri atau yang direkomendasikan. Kode standar pada mesin CNC yaitu :
Mesin Bubut
Fungsi G
G00 Gerakan cepat
G01Interpolasi linear
G02/G03 Interpolari melingkar
G04 Waktu tinggal diam.
G21 Blok kosong
G24 Penetapan radius pada pemrograman harga absolut
G25/M17 Teknik sub program
G27 Perintah melompat
G33 Pemotongan ulir dengan kisar tetap sama
G64 Motor asutan tak berarus
G65 Pelayanan kaset
G66 Pelayanan antar aparat RS 232
G73 Siklus pemboran dengan pemutusan tatal
G78 Siklus penguliran
G81 Siklus pemboran
G82 Siklus pemboran dengan tinggal diam.
G83 Siklus pemboran dengan penarikan
G84 Siklus pembubutan memanjang
G85 Siklus pereameran
G86 Siklus pengaluran
G88 Siklus pembubutan melintang
G89 Siklus pereameran dengan tinggal diam.
G90 Pemrograman harga absolut
G91 Pemrcgraman harga incremental
G92 Pencatat penetapan
G94 Penetapan kecepatan asutan
G95 Penetapan ukuran asutan
G110 Alur permukaan
G111 Alur luar
G112 Alur dalam
G113 Ulir luar
G114 Ulir dalam
G115 Permukaan kasar
G116 Putaran kasar
Fungsi M
M00 Berhenti terprogram
M03 Sumbu utama searah jarum jam
M05 Sumbu utama berhenti
M06 Penghitungan panjang pahat, penggantian pahat
M08 Titik tolak pengatur
M09 Titik tolak pengatur
Ml7 Perintah melompat kembali
M22 Titik tolak pengatur
M23 Titik tolak pengatur
M26 Titik tolak pengatur
M30 Program berakhir
M99 Parameter lingkaran
M98 Kompensasi kelonggaran / kocak Otomatis
Mesin Frais
Fungsi G
G00 Gerakan cepat
G01 Interpolasi lurus
G02 Interpolasi melinqkar searah iarum Jam
G03 Interpolasi melinqkar berlawanan arah jarum jam
G04 Lamanya tingqal diam.
G21 Blok kosonq
G25 Memanqqil sub program
G27 Instruksi melompat
G40 Kompensasi radius pisau hapus
G45 Penambahan radius pirau
G46 Pengurangan radius pisau
G47 Penambahan radius pisau 2 kali

Mesin CNC Generasi Baru
Operator mesin CNC yang akan memasukkan program pada mesin sebelumnya harus sudah memahami gambar kerja dari komponen yang akan dibuat pada mesin tersebut. Gambar kerja biasanya dibuat dengan cara manual atau dengan computer menggunakan program CAD (Computer Aided Design). Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang computer, maka telah dikembangkan suatu software yang berisi aplikasi gambar teknik dengan CAD yang sudah dapat diminta untuk menampilkan program untuk dikerjakan dengan mesin CNC. Aplikasi program tersebut dikenal dengan sebutan CAM (Computer AidedManufacturing). Software CAM pada umumnya dibuat oleh pabrik yang membuat mesin CNC dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja mesin CNC yang diproduksinya.
Dengan menggunakan software CAM, seorang operator cukup membuat gambar kerja dari benda yang akan dibuat dengan mesin CNC pada PC. Hasil gambar kerja dapat dieksekusi secara simulasi untuk melihat pelaksanaan pengerjaan benda kerja di mesin CNC melalui layer monitor. Apabila terdapat kekurangan atau kekeliruan, maka dapat diperbaiki tanpa harus kehilangan bahan. Jika hasil eksekusi simulasi sudah sesuai dengan yang diharapkan, maka program dilanjutkan dengan eksekusi program mesin. Program mesin yang sudah jadi dapat langsung dikirim ke mesin CNC melalui jaringan atau kabel atau ditransfer melalui media rekam.

Masa Depan Mesin CNC
Dengan perkembangan teknologi informasi, maka di masa datang dimungkinkan input mesin CNC dapat berasal dari gambar kerja manual yang dibaca melalui scan, kemudian diinterpretasikan oleh PC yang terkoneksi dengan mesin CNC. Hasil dari pembacaan scan akan diolah oleh software pada PC menjadi program simulasi berupa CAD/CAM. Selanjutnya hasil simulasi akan dieksekusi menjadi program mesin CNC yang siap dieksekusi untuk membuat benda kerja.

Mesin Bubut
Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan. Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.
Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Bagian – Bagiam Mesin
Mesin bubut terdiri dari kepala tetap dan meja. Adapun penjelasannya sebagai berikut

Kepala tetap

Kepala tetap adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kiri mesin, dan bagian inilah yang memutar benda kerja yang didalamnya terdapat transmisi roda gigi. Pada Kepala tetap ini ditempatkan berbagai bagian mesin yang memudahkan kita melakukan pekerjaan. beberapa bagian yang ada di kepala tetap adalah Plat mesin; engkol pengatur pasangan roda gigi;cakra bertingkat; motor penggerak mesin.Pada kepala tetap ini pula kita memasang alat pemegang benda kerja sehingga aman pada saat dikerjakan. Alat pemegang atau penjepit ini disebut Cekam. Cekam ini dibedakan menjadi dua, yaitu Cekam rahang tiga dan cekam rahang empat. Cekam rahang tiga pergerakan rahang penjepitnya adalah serentak sehingga pada saat kita menggerakkan satu kunci penggeraknya, maka ketiga rahang bergerak serentak. Cekam rahang empat, pada saat kita menggerakkan kunci penggeraknya, maka rahang yang bergerak adalah satu persatu.

Kepala lepas

Bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kanan dari mesin bubut, yang berfungsi untuk menopang benda kerja yang panjang. Pada saat mengerjakan benda berukuran panjang, kemungkinan bengkok sangat besar sehingga harus ditopang pada kedua ujung, yaitu di kepala tetap dan kepala lepas ini. Beberapa bagian yang ada di kepala tetap adalah; Center Putar, untuk memompang benda kerja,agar tidak terjadi gesekan,; Handwill,; Pengunci poros,; Pengunci alas.

Alas mesin

Alas mesin berfungsi untuk tempat kedudukan kepal lepas, tempat kedudukan eretan dan tempat kedudukan penyangga diam.

Eretan

Eretan adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pemakanan pada benda kerja dengan cara menggerakkan kekiri dan kekanan sepanjang meja. Eretan utama akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang dan eretan atas dan dudukan pahat.

Prinsip kerja mesin bubut :
Proses pembubutan adalah salah satu proses pemesinan yang mengunakan pahat dengan satu mata potong untuk membuang material dari permukaan benda kerja yang berputar. Pahat bergerak pada arah linier sejajar dengan sumbu putar benda kerja seperti yang terlihat pada gambar. Dengan mekanisme kerja seperti ini, maka Proses bubut memiliki kekhususan untuk membuat benda kerja yang berbentuk silinder.
Benda kerja di cekan dengan poros spindel dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

 

Jenis-jenis pembuatan :

Pembubutan tepi (facing)

Pengerjaan benda kerja terhadap tepi penampangnya atau tegak lurus terhadap sumbu benda kerja.

Pembubutan silindris (turning)

Pengerjaan benda kerja dilakukan sepanjang garis sumbunya. Baik pengerjaan tepi maupun pengerjaan silindris posisi dari sisi potong pahatnya harus terletak senter terhadap garis sumbu dan ini berlaku untuk semua proses pemotongan pada mesin bubut.

Pembubutan alur (grooving)

Pembubutan yang di lakukan di antara dua permukaan.

Pembubutan tirus (chamfering)

Adapun caranya sebagai berikut:
·         Dengan memutar compound rest
·         Dengan menggeser sumbu tail stock
·         Dengan menggunakan taper attachment.

Pembubutan ulir (threading)

Bentuk ulir didapat dengan cara menggerinda pahat menjadi bentuk yang sesuai dengan menggunakan referensi mal ulir (thread gauge). Atau bisa juga menggunakan pahat tertentu ukurannya yangsudah di jual di pasaran, biasanya untuk ulir-ulir standar.

Drilling

Membuat lubang awal pada benda kerja

Boring

Memperbesar lubang pada benda kerja.

Kartel (knurling)

Membuat profil atau grif pegangan pada benda kerja seperti pada pegangan tang,obeng agar tidak licin.

Reaming

Memperhalus lubang pada benda kerja. Hal ini dilakukan untuk hasil pembubutan dalam atau pengeboran di atas mesin bubut. Pada tingkatan tertentu dibutuhkan kehalusan sesuai ketentuan. Untuk kegiatan tersebut dipergunakan alat Reamer. Benda berlubang yang akan dihaluskan dikepit pada cekam kepala tetap, sementara reamer dipasang pada hower dan dijepit di senter kepala lepas. Pada saat proses penghalusan, posisi kepala lepas didekatkan sehingga reamer dapat masuk ke lubang benda kerja. Selanjutnya, mesin dinyalakan dan putaran reamer digerakkan memasuki lubang sehingga geriginya bergesek dengan dinding lubang. Pada saat itulah terjadi proses penghalusan dinding lubang.

Jenis-jenis mesin bubut :
Jenis mesin bubut pada garis besarnya diklasifikasikan dalam empat kelompok, yaitu:

Mesin bubut ringan

Mesin bubut ini dimaksudkan untuk latihan dan pekerjaan ringan. Bentuk peralatannya kecil dan sederhana. Dipergunakan untuk mengerjakan benda-benda kerja yang berukuran kecil. Mesin ini terbagi atas mesin bubut bangku dan model lantai, konstruksinya merupakan gambaran mesin bubut bangku dan model lantai, konstruksinya merupakan gambaran mesin bubut yang besar dan berat.

Mesin bubut sedang (medium lathe)

Konstruksi mesin ini lebih cermat dan dilengkapi dengan penggabungan peralatan khusus. Oleh karena itu mesin ini digunakan untuk pekerjaan yang lebih banyak variasinya dan lebih teliti. Fungsi utama adalah untuk menghasilkan atau memperbaiki perkakas secara produksi.

Mesin bubut standar (Standard Lathe)

Mesin ini dibuat lebih berat, daya kudanya lebih besar daripada yang dikerjakan mesin bubut ringan dan mesin ini merupakan standar dalam pembuatan mesin-mesin bubut pada umumnya.

Mesin bubut meja panjang (long bed lathe)

Mesin ini termasuk mesin bubut industri yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan panjang dan besar, bahan roda gigi dan lainnya.

Jenis lain mesin bubut secara prinsip :

Mesin bubut centre lathe

Mesin bubut ini dirancang utnuk berbagai macam bentuk dan yang paling umum digunakan, cara kerjanya benda kerja dipegang (dicekam) pada poros spindle dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya, yaitu pada pusat sumbu putarnya, sementara ujung lainnya dapat ditumpu dengan center lain.

Mesin Bubut Sabuk

Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi yang digerakkan sabuk atau puli pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Mesin bubut vertical turning and boring milling

Mesin ini bekerja secara otomatis, pada pembuatan benda kerja yang dibubut dari tangan, pekerjaan yang tidak dilakukan secara otomatis hanyalah pemasangan batang-batang yang baru dan menyalurkan produk-produk yang telah dikerjakan, oleh sebab itu satu pekerja dapat mengawasi beberapa buah mesin otomatis dengan mudah.

Mesin bubut facing lathe

Sebuah mesin bubut terutama digunakan untuk membubut benda kerja berbentuk piringan yang besar. Benda-benda kerjanya dikencangkan dengan cakar-cakar yang dapat disetting pada sebuah pelat penyeting yang besar, tidak terdapat kepala lepas.

Mesin Bubut Turret

Mesin bubut turret mempunyai ciri khusus terutama menyesuaikan terhadap produksi. “Ketrampilan pekerja” dibuat pada mesin ini sehingga memungkinkan bagi operator yang tidak berpengalaman untuk memproduksi kembali suku cadang yang identik. Kebalikannya, pembubut mesin memerlukan operator yang sangat terampil dan mengambil waktu yang lebih lama untuk memproduksi kembali beberapa suku cadang yang dimensinya sama.
Karakteristik utama dari mesin bubut jenis ini adalah bahwa pahat untuk operasi berurutan dapat disetting dalam kesiagaan untuk penggunaaan dalam urutan yang sesuai. Meskipun diperlukan keterampilan yang sangat tinggi untuk mengunci dan mengatur pahat dengan tepat tapi satu kali sudah benar maka hanya sedikit keterampilan untuk mengoperasikannya dan banyak suku cadang dapat diproduksi sebelum pensettingan dilakukan atau diperlukan kembali.

Mesin bubut Turret Jenis Sadel

Mempunyai turret yang dipasangkan langsung pada sadel yang bergerak maju mundur dengan turret

Mesin bubut turret vertikal

Mesin bubut vertikal adalah sebuah mesin yang mirip Freis pengebor vertikal, tetapi memiliki karakteristik pengaturan turret untuk memegang pahat. Terdiri atas pencekam atau meja putar dalam kedudukan horizontal, dengan turret yang dipasangkan diatas rel penyilang sebagai tambahan, terdapat paling tidak satu kepala samping yang dilengkapi dengan turret bujur sangkar untuk memegang pahat.
Semua pahat yang dipasangkan pada turret atau kepala samping mempunyai perangkat penghenti masing-masing, sehingga panjang pemotongan dapat sama dalam daur mesin yang berurutan. Pengaruhnya adalah sama seperti bubut turret yang berdiri pada ujung kepala tetap. Dan mempunyai segala ciri yang diperlukan untuk memudahkan pemuat, pemegang dan pemesinan dari suku cadang yang diameternya besar dan berat. Pada mesin ini hanya dilakukan pekerjaan pencekaman.

ETIKA PROFESI PADA BIDANG TEKNIK MESIN.
Pengertian Etika.
Etika adalah sesuatu filsafat yang mempelajari nilai dan kualitas yang mencakup standar dan penilaian moral.Etika analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy). Etika diasumsikan bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat serta komentar. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi.Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.
Etika terbagi menjadi tiga bagian utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi penggunaan nilai-nilai etika).


Definisi Etika Menurut Bertens
Nilai- nilai atau norma – norma yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
a.    Menurut KBBI : Etika dirumuskan dalam 3 arti yaitu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, nilai yang berkenaan dengan akhlak, dan nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
b.    Menurut Sumaryono (1995) : Etika berkembang menjadi studi tentang manusia berdasarkan kesepakatan menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan manusia pada umumnya. Selain itu etika juga berkembang menjadi studi tentang kebenaran dan ketidakbenaran berdasarkan kodrat manusia yang diwujudkan melalui kehendak manusia.

Macam-macam Etika
Ada dua macam etika yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik dan buruknya prilaku manusia :
1. Etika Deskriptif, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang mau diambil.
2. Etika Normatif, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Etika secara umum dapat dibagi menjadi :
1. Etika Umum, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
2. Etika Khusus, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.


Etika Khusus dibagi lagi menjadi dua bagian :
a.       Etika individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
b.       Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai        anggota umat manusia.

Perlu diperhatikan bahwa etika individual dan etika sosial tidak dapat dipisahkan satu sama lain dengan tajam, karena kewajiban manusia terhadap diri sendiri dan sebagai anggota umat manusia saling berkaitan. Etika sosial menyangkut hubungan manusia dengan manusia baik secara langsung maupun secara kelembagaan (keluarga, masyarakat, negara), sikap kritis terhadpa pandangan-pandangana dunia dan idiologi-idiologi maupun tanggung jawab umat manusia terhadap lingkungan hidup.
Dengan demikian luasnya lingkup dari etika sosial, maka etika sosial ini terbagi atau terpecah menjadi banyak bagian atau bidang. Dan pembahasan bidang yang paling aktual saat ini adalah sebagai berikut :
1.      Sikap terhadap sesame
2.      Etika keluarga
3.      Etika profesi
4.      Etika politik
5.      Etika lingkungan
6.      Etika idiologi

Manfaat Etika
Beberapa manfaat Etika adalah sebagai berikut ,
1.      Dapat membantu suatu pendirian dalam beragam pandangan dan moral dan Dapat membantu membedakan mana yang tidak boleh dirubah dan mana yang boleh dirubah.
2.      Dapat membantu seseorang mampu menentukan pendapat dan Dapat menjembatani  semua dimensi atau nilai-nilai.

PROFESI
Pengertian Profesi
Profesi sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknik dan desainer Pekerjaan tidak sama dengan profesi. Istilah yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam adalah: sebuah profesi sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan, namun sebuah pekerjaan belum tentu menjadi sebuah profesi. Profesi memiliki mekanisme serta aturan yang harus  dipenuhi sebagai suatu ketentuan, sedangkan kebalikannya, pekerjaan tidak memiliki aturan yang rumit seperti itu. Hal inilah yang harus diluruskan di masyarakat, karena hampir semua orang menganggap bahwa pekerjaan dan profesi adalah sama.

Karakteristik Profesi
Keterampilan yang berdasarkan pada pengetahuan teoritis : Professional dapat diasumsikan mempunyai pengetahuan teoritis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasarkan pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktik.

Ciri – Ciri Profesi
Secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu :
1.    pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
2.    Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
3.     Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
4.     Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus. Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.

PROFESIONALISME
A. Pengertian Professional / Professionalisme
Adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi.  Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang – senang atau untuk mengisi waktu luang.

B. Ciri – Ciri Profesionalisme
Kaum profesional adalah orang-orang yang memiliki tolak ukur perilaku yang berada di atas rata - rata. Di satu pihak ada tuntutan dan tantangan yang sangat berat, tetapi di lain pihak ada suatu kejelasan mengenai pola perilaku yang baik dalam rangka kepentingan masyarakat. Seandainya semua bidang kehidupan dan bidang kegiatan menerapkan suatu. Standar profesional yang tinggi, bisa diharapkan akan tercipta suatu kualitas masyarakat yang semakin baik.

C. Perbedaan Profesi & Profesional :
Profesi :
1.                 Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.2.      Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).3.      Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.4.      Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.

Profesional :
1.      Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.
2.        Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu.
3.        Hidup dari situ.
4.        Bangga akan pekerjaannya.

D. Kode Etik Profesi / Profesionalisme
Adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Kode Etik :
1.   Untuk menjunjung tinggi martabat profesi.
2.   Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.
3.   Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
4.   Untuk meningkatkan mutu profesi.
5.   Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.
6.   Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
7.   Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
8.   Menentukan baku standarnya sendiri.

Pengertian Etika Profesi
Etika profesi menurut keiser dalam ( Suhrawardi Lubis, 1994:6-7 ) adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat.
Kode etik profesi adalah system norma, nilai dan aturan professional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi professional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tujuan kode etik yaitu agar professional memberikan  jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Dengan adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak professional.
Prinsip Etika Profesi :
·        Tanggung Jawab Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya serta dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.
·        Keadilan
Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya.
·        Otonomi
Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan diberi kebebasan dalam menjalankan profesinya


Etika dalam Bidang Teknik Mesin Yaitu Merupakan suatu prinsip-prinsip atau aturan prilaku di dalam bidang Teknik Mesin yang bertujuan untuk mencapai nilai dan norma moral yang terkandung di dalamnya.Sedangkan Profesi dalam bidang teknik Mesin dapat diartikan sebagai pekerjaan , namun tidak semua pekerjaan adalah profesi.Sebuah profesi akan dapat dipercaya dunia industri ketika  kesadaran diri kita yang kuat menjunjung tinggi nilai etika profesi kita di dunia industri maupun di sekitar kita.Jadi dapat di katakan  etika profesi yaitu batasan-batasan untuk mengatur atau membimbingprilaku kita sebagai manusia secara normatif. Kita harus mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.Karena semuanya itu sangat berpengaruhbagi kita sebagai mahasiswa teknik mesin yang seharusnya mempunyai etika yang bermoral baik.

0 Response to "Makalah Pengenalan Teknik Mesin(Apa Itu Teknik Mesin)"

Post a Comment