Dampak Negatif Pemanfaatan Gas Mulia

iklan1
bab 1
pendahuluan

1.1.latar belakang
nuklir merupakan  energi  yang sangat besar dan acapkali digunakan  dalam pembangkit listrik. nuklir juga menjadi salah satu energi cadangan lau  bahan bakar posil telah habis. nuklir juga acapkali digunkan d
alam pembuatan senjata dalam peperangan. nuklir  merupakan energi yang sangat berbahaya karena lau disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggumh jawab. namun nuklir  menjadi  energi yang sangat memiliki kegunaan bagi kehidupan insan .
di amerika serikat yag memiliki 110 buah reaktor nuklir atau 25,4% mula total seluruh reaktor yang ada di dunia, akan menutup 103 reaktor nuklirnya. demikian halnya bersama jerman, negara industri besar ini, juga beagenda menutup 19 reaktor nuklirnya. penutupan pertama dilsayakan pada tahun 2002 kemarin, sedang pltn terakhir akan ditutup pada tahun 2021. keadaan lain juga terjadi di swedia, yang menutup seluruh pltn-nya yang berjumlah 12, tiba tahun 1995. hingga negara tersebut bebas mula pltn pada tahun 2010 mendatang.

sedangkan di indonesia proses agenda pembangunan pltn di indonesia cukup panjang. tahun 1972, telah ditiba pembahasan awal bersama membentuk komisi persiapan pembangunan pltn. komisi ini kemudian melsayakan pemilihan lokasi dan tahun 1975 terpilih 14 lokasi potensial, 5 di antaranya terletak di jawa tengah. lokasi tersebut diteliti batan bekerjasama bersama nira mula italia. mula keempat belas lokasi tersebut, 11 lokasi di pantai utara dan 3 lokasi di pantai selatan. 

                   pada desember 1989, badan koordinasi energi nasional (bakoren) memutuskan agar batan melaksanakan studi kelayakan dan terpilihlah newjec (new japan enginereering consoltan inc) untuk melaksanakan studi tapak dan studi kelayakan selama 4,5 tahun, terhitung semenjak desember 1991 hingga pertengahan 1996.

                   pada 30 desember 1993, newjec menyerahkan dokumen feasibility study report (fsr) dan prelimintary site data report ke batan. rekomendasi newjec artinya untuk bidang studi non-tapak, se ekonomis, pltn kompetitif dan dapat dioperasikan pada jaringan listrik jawa – bali di awal tahun 2000-an. tipe pltn direkomendasikan berskala menengah, bersama calon tapak di ujung lemahkakak, grenggengan, dan ujungwatu.

tapi mereka tidak menyamula  setelah mengunakan nuklir, nuklir juga menimbulkan  limbah yang sangat berbahaya bagi kehidupan insan dan  merusak lingkungan karena limbah nuklir masih mengandung  radioaktif.


1.2.rumusan duduk perkara
dalam mlogikaah ini kita akan membahas perihal  dampak yang  ditimbulkan  oleh limbah nuklir. dan duduk perkara-duduk perkara yang ditimbulkan oleh limbah nuklir diseluruh dunia, dan perihal bagai mana  dunia dalam mengatasi  duduk perkara limbah nuklir.

1.3.tujuan dan manfaat penumulut
penumulut mlogikaah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas mula pendidik bidang studi dan untuk membantu siswa  agar lebih beliah memahami perihal bahaya limbah nuklir bagi lingkungan.


























bab 3
landasan teori
departemen  pada tahun 2001 ( heisei 13 ) pada bulan januari 2001 telah melsayakan
reorganisasi terhadap struktur organisasi keselamatan teanaga nuklir dan membentuk
struktur organisasi baru.
1. kondisi regulasi keselamatan fasilitas nuklir
tujuan regulasi keselamatan fasilitas nuklir artinya untuk membatasi penggunaan tenaga
nuklir  untuk maksud hening. selain itu regulasi bertujuan untuk   dan mencegah bencana, proteksi terhadap bahan nuklir dan untuk peagendaan keselamatan umum. pentingnya regulasi artinya berkaitan bersama keselamatan pengoperasian fasilitas  nuklir, dan pencegahan bencana keselamatan yang meliputi material tenaga nuklir, material bahan bakar nuklir dan reactor.
regulasi keselamatan fasilitas nuklir yang selanjutnya disebut hukum regulasi tenaga nuklir
dilaksanakan sesuai bersama tanggung jawab instansi. regulasi terhadap fondasi konstruksi tenaga nuklir dan struktur fasilitas nuklir artinya mencegah terjadinya bencana dan melsayakan pemeriksaan yang meliputi konstruksi, tingkatan operator dan terhadap  perizinannya.
komite keselamatan nuklir membuat peagendaan, melsayakan pemeriksaan dan menentukan kebijakan yang berrelasi bersama regulasi untuk menjamin keselamatan pengoperasian fasilitas nuklir. selain itu juga melsayakan double check yang berrelasibersama penetapan petunjuk yang digunakan dalam pemeriksaan keselamatan, perizinan pembuatan (perubahan) instalasi nuklir. serelasi bersama hal penting mirip terjadinya kecelakaan dan kerusakan, manajemen paparan dan lain-lain, setelah mendapatkan laporan mula instansi terkit, bila diharapkan akan dilsayakan pemeriksaan yang kemudian hasilnya diumumkan dan diisuhukan pada instansi terkait. kemudian mengenai double check yang berrelasi bersama perizinan pembuatan instalasi nuklir akan dilsayakan dengar pendapat terbuka yang kedua. apabila diharapkan, disain proses setelah pemberian izin pembangunan
instalasi nuklir, ijin pemb dan inspeksi, badan pemerintah menunjuk hal-hal yang penting untuk dilsayakan pemeriksanaan dan selanjutnya dilaporkan ke badan pengawas. kemudian  arahan mula badan pemerintah, setelah mendapat laporan akan dilsayakan sidang dan selanjutnya hasilnya dilaporkan ke badan pemerintah.



bab 4
pembahasan
3.1.pengertian limbah radio aktif
  limbah radioaktif artinya jenis limbah yang mengandung atau terkontaminasi radionuklida pada konpusatsi atau aktivitas yang melebihi batas yang diijinkan (clearance level) yang ditetapkan oleh badan pengawas tenaga nuklir. definisi tersebut digunakan didalam peraturan perundang -undangan. pengertian limbah radioaktif yang lain mendefinisikan bagai zat radioaktif yang sudah  tidak dapat digunakan lagi, dan/atau bahan serta peralatan yang terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif dan sudah tidak dapat difungsikan/dimanfaatkan. bahan atau peralatan tersebut terkena atau menjadi radioaktif kemungkinan karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion.

3.2. jenis-jenis limbah radio aktif
mula segi besarnya aktivitas dibagi dalam limbah aktivitas tinggi, aktivitas sedang dan aktivitas rendah.
mula umurnya di bagi menjadi limbah umur paruh panjang, dan limbah umur paruh pendek.
mula bentuk fisiknya dibagi menjadi limbah pistiadat, cair dan gas.
3.3 .sumber- sumber radio aktif
  limbah radioaktif umumnya berasal mula setiap pemanfaatan tenaga nuklir, baik pemanfaatan untuk pembangkitan daya listrik menggunakan reaktor nuklir, maupun pemanfaatan nuklir untuk keperluan industri dan rumah sakit.
norm (naturally occurring radioactive material)

ada material-material yang se alami bersifat radioaktif. mengolah material-material ini dapat menghasilkan limbah radioaktif dan biasanya dikategorikan dalam norm. kebanyakan limbah ini artinya material pemancar partikel alpha yang berasal mula rantai peluruhan uranium dan thorium.
3.5.dunia kebingugan membuang limbah nuklir
stockholm - semenjak awal era nuklir, sampah-sampah amat radioaktif telah melintasi benua-benua dan lautan, untuk dicarikan daerah damai bagi peristirahatan terakhirnya.
banyak negara menghasilkan sampah nuklir. beberapa jenis sampah itu akan terus bersifat radioaktif selama ribuan tahun, namun sejauh ini belum ditemukan  paling sempurna untuk menyimpan bersama damai sampah-sampah itu.
pada ketika ini, sampah yang sangat radioaktif membisuankan dalam gudang penyimpanan sementara. selama 30 hingga 40 tahun, barulah tingkat simpansedioaktifan dan emisi panasnya berkurang. namun, setelah itu, ia tetap saja berbahaya dan perlu disimpan di suatu daerah permanen yang benar-benar damai bagi lingkungan dan makhluk hidup. di banyak negara, tidak terang siapa yang perlu membayar ongkos pemeliharaan sampah nuklir untuk jangka waktu ratusan bahkan ribuan tahun. kebanyakan sampah radioaktif level tinggi - jenis yang paling berbahaya - artinya bahan bakar bekas pakai di 400 lebih pltn di sekitar 30 negara seluruh dunia. dimusnahkannya stok senjata nuklir ca-perang dmau, menambah banyak jumlah sampah nuklir yang amat berbahaya tersebut. bahkan negara-negara nonnuklir sekalipun, menghasilkan sampah radioaktif (mula rs-rs yang memiliki fasilitas terapi radioaktif dan pusat-pusat riset).  para ahli mengatakan, teknologi membuka peluang untuk menyimpan sampah nuklir jauh di bawah permukaan tanah selama jutaan tahun. kebanyakan negara beagenda menyegel sampah nuklir dalam kontainer, dan selanjutnya menyimpan kontainer itu 500 meter hingga 1.000 meter di dalam tanah. namun mereka yang skeptis mengatakan,  itu mungkin damai untuk puluhan bahkan ratusan tahun, tetapi kelemahannya artinya kontainer tersebut  saja bocor atau diincar teroris.
''bila tidak ada pemecahan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mengatasi sampah nuklir, mungkin lebih baik menyimpannya di permukaan tanah untuk waktu cukup lama, sambil kita mencari teknologi yang lebih damai,'' kata martina krueger, yang bekerja untuk organisasi lingkungan greenpeace di swedia.
untung ruginya
sejumlah politikus telah menuntut agar dibuat gudang penyimpanan di permukaan tanah, sehingga generasi masa depan dapat membukanya dan menghilangkan simpansedioaktifan sampah nuklir dalam gudang itu bersama teknologi baru. yang lain mengatakan  tersebut juga dapat menimbulkan bahaya, alasannya artinya sampah yang disimpan di gudang mirip itu amat rentan terhadap kekacauan politik potensial, ribuan tahun ke depan kelak. kalau sampah nuklir sungguh damai di dalam gudang penyimpanan sementara, mengapa tidak diwujudkan saja? ''sungguh, ini  yang damai. tetapi, yang perlu kita bicminuman beralkoholan artinya untung ruginya,'' kata thomas sanders mula sandia national laboratories, sebuah laboratorium milik pemerintah as. beberapa pltn (pembangkit listrik tenaga nuklir) sekarang sudah mencapai batas kean untuk menyimpan sampah radioaktifnya. dan semenjak aksi kamikaze 11 september 2001 di as, perhatian orang teralihkan pada pltn-pltn, dan apakah pltn-pltn itu terlindungi mula kemungkinan agresi teroris. negara-negara uni eropa (ue) beagenda membangun gudang-gudang penyimpanan khusus pada 2020. tetapi, beberapa di antaranya punya gambaran pun belum perihal di mana gudang itu akan dibangun.
pada 2001 lalu, finlandia menjadi negara pertama dan sejauh ini satu-satunya anggota ue yang telah memutuskan letak blogika gudang penyimpanan final sampah-sampah nuklir miliknya. amerika serikat beagenda menyimpan sampah nuklir mula 103 pltn-nya jauh di bawah permukaan tanah pegunungan yucca di negara bagian nevada. daerah itu diharapkan tiba dapat diisi pada 2010, tetapi menghadapi protes mula warga lokal. para pengkritik mengatakan gudang-gudang pusatl yang besar, sekali lagi akan meningkatkan risiko kecelakaan, atau dicuri orang, pada ketika sampah-sampah nuklir diangkuti mula pltn-pltn seluruh as ke gudang penyimpanan final itu.
siapa tanggung biaya?
dalam banyak kasus, tidak terang berapa lama sampah nuklir perlu menjadi tanggung jawab perperjuanganan atau organisasi yang menghasilkannya, dan kapan negara mengambil tanggung jawab itu. ini membuat sulit bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk menghitung-hitung biaya, utdamaiya kalau gudang-gudang penyimpanan dibangun bersama  memperhitungkan risiko-risiko kedamaian.
''contoh kasus artinya prancis. amat sulit menghadirkan biaya yang absolut, alasannya artinya pemerintah belum memutuskan seni manajemen jangka panjang bagi pengelolaan sampah nuklir untuk waktu lama,'' kata yves le bars, pharapan andra.
andra artinya lembaga pengelola sampah nuklir di prancis, yang juga pltn terbesar di uni eropa. '' kami katakan, perlu 15 miliar hingga 25 miliar euro untuk membangun sebuah saja gudang penyimpanan, mengoperasikanya, dan menutup segala fasilitas yang ada,'' katanya.
gudang tersebut dapat menampung semua sampah nuklir level tinggi mula 58 pltn prancis, itu pun bersama  sejumlah bahan bakar nuklir bekas diproses kembali. mencari lokasi merupakan faktor tersulit. di korsel, negara selama bertahun-tahun mencoba mencari sebuah kabupaten yang bersedia kedaerahan bagi gudang penyimpanan sampah nuklir level rendah dan menengah.
pada akhirnya, tahun 2003 lalu, kabupaten buan mengajukan diri dan menyarankan pulau wi-do bagai daerah dibangunnya gudang penyimpanan sampah nuklir. pulau itu dimembisui 1.000 orang, kebanyakan nelayan. ''mereka bersedia kedaerahan, karena pemerintah menjanlaun imbalan finansial yang besar sekali,'' kata myung jae-song, manajer umum korea hydro and nuclear power company, pltn terbesar kelima di dunia. (rtr-ed-30)
3.6. sampah nuklir menuai perotes
gorleben-setelah melalui perjalanan panjang, 123 ton sampah nuklir jerman akhirnya liba di daerah pembuangan sementara kemarin (10/11). untuk menuntaskan rute va-lognes (prancis) ke gorleben (jerman) yang berjminuman beralkohol sekitar 1.500 kilometer, sampah radioaktif tersebut perlu menempuh perjalanan 92 jam.
tiap tahunnya, pengiriman sampah nuklir mula prancis ke jerman memang selalu menuai protes dan kontroversi. beberapa lembaga antinuklir di jerman selalu menghadang sampah-sampah berbahaya yang diangkut bersama menggunakan gerbong kargo tersebut. tapi, lau dibandingkan bersama tahun-tahun sebelumnya, aksi protes kali ini merupakan yang terbesar plus diwarnai konflik yang mengyang akan terjadikan ratusan orang terluka. jumat lalu (5/11) sampah beracun yang sudah menjalani beberapa tahap pengolahan itu meninggalkan valognes. iring-iringan sebelas kontainer putih itu diharapkan tiba di gorleben secepat mungkin. tapi, karena perlu melewati aneka macam rintangan, perjalanan tersebut ditempuh selama 92 jam. pada 2008 perjalanan yang sama ditempuh selama 79 jam. "iring-iringan sebelas kontainer putih itu tiba di gorleben bersama kawalan ketat ukan antihuru-hara dan belasan kendaraan lapis baja kepolisian," kata seorang saksi mata di gorleben untuk agence france-presse kemarin. kereta yang mengangkut sampah nuklir jerman itu terpaksa berhenti beberapa kali karena rel yang akan dilintasi diduduki para pengunjuk rasa.
selain menduduki rel, para pengunjuk rasamenyingkirkan bebatuan yang sengaja disusun di kiri-kanan jalur kereta api tersebut. bahkan, mereka juga melekan beberapa ternak di sepanjang rel agar kereta tidak  melintas. "pada puncaknya, para aktivis menempatkan satu kontainer kereta api milik mereka di jalur yang akan dilewati sampah nuklir tersebut," terang seorang petugas.  hambatan di sepanjang rute pengiriman sampah nuklir itu terang menyibukkan polisi. mereka terpaksa mengirimkan tim penyisir untuk menyusun rute yang akan dilewati kargo pembawa sampan nuklir itu. alasannya artinya, mereka perlu memastikan jalur yang akan dilewati damai. bebas mula aktivis,  ternak, serta tidak kehilangan komponen-komponen penting pendukungnya.
di sisi lain, tidak kurang mula tiga ribu aktivis yang tercantum dalam aksi itu menyebut terlambatnya pengiriman sampah nuklir tersebut bagai kemenangan. "aksi protes yang berpribadi selama beberapa hari terakhir ini merupakan sinyal politik yang sangat kuat. polisi  saja menyingkirkan hambatan. tapi, pemerintah tidak  melenyapkan konflik yang ada," tandas jubir kelompok antinuklir x-tausendmalquer. dalam wawan bersama associated press. wolfgang ehmke, aktivis antinuklir jerman, menyatakan kekecewaannya terhadap kanselir angela merkel yang batal mengakhiri pemakaian energi nuklir di jerman pada 2020. belakangan, merkel memperpanjang masa operasional 17 reaktor yang ada di jerman hingga sekitar 14 tahun lagi. alasannya, belum ada energi lain yang seefektif nuklir. (hep/cl3/dos)..


















bab 4
penutup
4.1. kesimpulan
limbah nuklir merupakan hasil mula fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dan juga insan. oleh karena itu sampah nuklir disimpan didaerah-daerah yang tidak berpotensi tinggi untuk melsayakan aktifitas daerah-daerah yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut (walau jarang namun kadang masih dilsayakan).
selain itu hingga ketika ini dunia masih belum  untuk menciptakan daerah terakhir pembuangan limbah nuklir, mereka   menciptakan daerah-daerah penampungan sementara. akan tetapi semakin lama limbah nuklir semakin lama semakin banyak , ini dikarena selain nuklir digunakan dalam bidang industry nuklir juga diguakan dalam menciptakan senjata-senjata dalam peperangan.
dan dibeberapa belahan dunia sampah nuklir tiba mennuai protes mula masyminuman beralkoholat karena sudah tiba menggangu kehidupan mereka. karena limbah nuklir juga banyak menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi kehidupan.

4.2.keritik dan saran
di harapka untuk pemerintah dan badan pengolahan energi agar mengurangi pengunaan nuklir di indonesia. memang benar nuklir merupakan energi yang besar dan cukup murah tetapi pengunaan nuklir se terus menerus akan mengyang akan terjadikan menumpuknya limbah nuklir sementara, para ilmuan masih belum dapat mengolah atau membuat daerah pembuangan limbah nuklir apa bila limbah nuklir dibuang sembarangan akan meninbulkan efek negatif terhadap kehidupan insan dan lingkungan.

0 Response to "Dampak Negatif Pemanfaatan Gas Mulia"

Post a Comment