Contoh Unsur Ekstrinsik Dan Intrinsik Cerpen

iklan1

Cerpen B.indonesia
CERPEN”SANG PRIMADONA”
Dan
Unsur ekstrinsiknya


DISUSUN OLEH
Nama :Muhammad zia ulhaq
kelas :X-2
NIS: 9962447860

Pembimbing :elvi caturriny,S,pd
images.jpg

MADRASAH ALIYAH NEGERI MODEL
BANDA ACEH



                                                                       

Unsur ekstrinsik cerpen
v  Nilai Hukum
 -Aku tidak menjadi pengacara dan bintang pengadilan,tak mengapa.
 -cita-citaku dari kecil,aku ingin menjadi pengacara di setiap persidangan.
v  Nilai Agama
             -Yang masih selalu ibu ingatkan,baik secara langsung atau melalui surat,ialah ibadah.
 -bagaimanapun sibukmu,salat jangan kamu abaikan.
 -mudah-mudahan memang merupakan hidayah ALLAH
 -Aku merasa mendapatkan kedamaian saat berada di tengah-tengah majelis pengajian
v  Nilai Moral
 -Pendek kata aku bangga bias menjadi perempuan yang mandiri.
 -Aku tidak ingin anak-anak menyaksikan orang tua mereka bertengkar.
 -Aku sudah sering mendengar tentang nasib buruk yang menimpa anak-anak orang tua             yang bercerai.aku bingung.
v  Nilai Sosial
 -Waktuku pun tersita oleh kegiatan-kegiatan di luar rumah.selain pekerjaanku sebagai artis.
 -Malah jilbabku kemudian tren yang diikuti oleh kalangan muslimat.
 -Diskusi-diskusi tentang masalah-masalah keagamaan,social masyarakat,dan bahkan politik
 -Dengan statusku yang seperti itu volume kegiatan kemasyarakatan sedemikian tinggi.
v  Nilai Ekonomi
  -Aku lahir dan tumbuh dalam keluarga yang katakanlah kecukupan.
  -Aku sudah mampu membeli rumah sendiri yang cukup indah di kawasan elite.
  -perusahaan suamiku bangkrut gara-gara krisis moneter.

1 Response to "Contoh Unsur Ekstrinsik Dan Intrinsik Cerpen"